Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

36 Sapi di Sampang Kedapatan Terjangkit Lumpy Skin Disease

LSD atau cacar sapi/kerbau merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang utamanya menyerang hewan sapi.
Sapi terkena lumpy skin disease./Antara
Sapi terkena lumpy skin disease./Antara

Bisnis.com, SAMPANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menemukan sebanyak 36 ekor sapi milik warga di wilayah itu terjangkit penyakit lumpy skin disease (LSD) yang tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah setempat.

"Temuan ini berdasarkan laporan masyarakat dan hasil pemantauan langsung mantri kehewanan dalam sebulan terakhir ini," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang Suyono di Sampang, Jawa Timur, Senin (4/3/2024).

Ia menjelaskan, terkait temuan itu, pihaknya langsung menerjunkan tim melakukan vaksinasi ke kandang-kandang sapi milik warga tidak menular, serta mengajukan bantuan vaksin tambahan ke Pemprov Jatim.

Suyono menjelaskan vaksin yang tersedia di Dinas Peternakan Kabupaten Sampang sangat terbatas sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan vaksin sapi warga, terutama di desa yang terserang LSD.

LSD atau cacar sapi/kerbau merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang utamanya menyerang hewan sapi. Penyakit ini dicirikan dengan adanya benjolan pada kulit sapi.

Menurut Suyono, virus penyebab LSD termasuk dalam genus capripoxvirus yang ditularkan melalui antropoda, terutama serangga penghisap darah (lalat, nyamuk, caplak), pakan dan air yang terkontaminasi, serta penularan langsung melalui saliva, sekresi hidung, dan air mani.

LSD hanya menyerang sapi dan kerbau karena hewan tersebut merupakan spesies yang paling rentan tertular LSD virus (LSDV). Virus tersebut memiliki reseptor spesifik pada sel dalam tubuh sapi yang menyebabkan virus dapat masuk dan bereplikasi di dalam tubuh.

Penyakit ini menyebabkan timbulnya benjolan atau bintik-bintik pada kulit hewan yang tertular. Yang diawali dengan bintik-bintik tersebut kecil dan keras, tetapi secara bertahap tumbuh ukurannya dan menjadi lembut serta berisi cairan.

"Kulit di atas bintik-bintik tersebut dapat menjadi merah, membengkak, dan akhirnya mengalami ulserasi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder," katanya.

Ia lebih lanjut menjelaskan, bahwa LSD sebenarnya tergolong jenis penyakit hewan yang tidak berbahaya dibanding dengan dampak PMK dan bisa disembuhkan.

"Hanya, langkah cepat pengobatan memang harus dilakukan untuk membantu sapi untuk mempercepat pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Peternakan Pemkab Sampang, dari total 36 ekor sapi yang terserang LSD itu, sebanyak 30 ekor di antaranya kini telah sembuh setelah dilakukan perawatan khusus oleh tim penyuluh kehewanan Pemkab Sampang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper