Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi di Kota Batu Lima Tahun Terakhir, Ini Sektor Paling Ramai

Lima tahun terakhir trennya naik. Namun, ada yang kurang maksimal kenaikannya saat pandemi Covid-19.
Pengunjung terlihat di depan museum satwa di kota Batu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. /Bisnis-Paulus Tandi Bonen
Pengunjung terlihat di depan museum satwa di kota Batu, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. /Bisnis-Paulus Tandi Bonen

Bisnis.com, MALANG RAYA - Pemerintah Kota Batu mencatat bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir atau mulai periode 2019 hingga 2023, tren investasi di kota wisata tersebut mengalami kenaikan cukup baik.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu Dyah Lies Tina, Sabtu (24/2/2024), mengatakan bahwa tren kenaikan realisasi investasi tersebut memang sempat terganggu adanya pandemi Covid-19.

"Untuk investasi, lima tahun terakhir, saya lihat memang trennya naik. Namun, ada yang kurang maksimal kenaikannya saat pandemi Covid-19," kata Dyah.

Dyah menjelaskan, pada 2019, dari target investasi yang ditetapkan sebesar Rp450 miliar, realisasi tercatat sebesar Rp162 miliar, kemudian pada 2020 target sebesar Rp500 miliar dengan realisasi Rp152 miliar.

Pada 2020, lanjutnya, dari target yang ditetapkan sebesar Rp600 miliar, angka realisasi mencapai Rp849 miliar, dan pada 2021 besaran target investasi ditetapkan sebesar Rp700 miliar dan terealisasi sebesar Rp703 miliar.

"Pada 2023, target realisasi ditetapkan Rp700 miliar dan capaian realisasi mencapai Rp1,53 triliun," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah upaya Pemerintah Kota Batu untuk menggaet investor masuk ke wilayah tersebut diantaranya saat pelaksanaan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) termasuk dengan sosialisasi untuk investasi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Promosi jelas kami kuatkan, biasanya dalam pelaksanaan APEKSI. Kemudian, ada juga forum Njagong Bareng, itu diharapkan bisa menarik peminat dari UMKM untuk berinvestasi di Kota Batu," katanya.

Sejumlah sektor yang menarik minat para investor untuk berinvestasi di Kota Batu di antaranya adalah sektor perdagangan, industri, pariwisata, dan akomodasi. Kota Batu memiliki potensi menjanjikan pada sektor pariwisata dan turunannya.

Kota Batu merupakan salah satu daerah wisata unggulan di wilayah Jawa Timur. Pada 2023, jumlah total kunjungan wisatawan di Kota Batu mencapai lebih dari 10 juta kunjungan, dan ditargetkan pada 2024 jumlah wisatawan mencapai 12 juta kunjungan.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup besar per tahun tersebut, Kota Batu juga dinilai menarik oleh para investor. Sejumlah sektor yang menarik perhatian tersebut seperti sektor perhotelan, kuliner dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler