Marselina Adeline dan Tim Raih Juara dalam Kompetisi PT SPIL dan UBAYA

Marselina Adeline, mahasiswi UBAYA, meraih kemenangan dalam kompetisi "Products for a Better Earth" yang diselenggarakan oleh PT SPIL dan UBAYA
Foto: Marselina Adeline & tim dalam proses daur ulang kain
Foto: Marselina Adeline & tim dalam proses daur ulang kain

Bisnis.com, SURABAYA - Marselina Adeline, mahasiswi Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (UBAYA), meraih kemenangan prestisius dalam kompetisi "Products for a Better Earth" yang diselenggarakan oleh PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) dan UBAYA.

Bangga dengan pencapaian timnya, Adeline menekankan keberhasilan dalam menghasilkan produk bermanfaat dari kain daur ulang.

Menurut Adeline dan timnya mengungkapkan bahwa kompetisi ini memperkenalkan tantangan baru bagi mereka, khususnya dalam menghadapi kompleksitas mengolah komposisi kain daur ulang yang lebih menantang dibandingkan dengan kain konvensional.

Meskipun beberapa kendala muncul selama proses produksi, hal ini justru membuat mereka tidak hanya diuji secara kreatif, melainkan juga memberikan wawasan yang mendalam tentang kebutuhan pasar.

"Bersaing dengan beberapa kelompok dan menciptakan produk dari kain daur ulang menjadi tas dan sepatu dengan nilai lebih, membuat kami merasa memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian bumi, tempat tinggal kita. Hal ini memberikan rasa kebermanfaatan kami terhadap lingkungan" ujar Adeline.

Disisi lain, Andri Theja, Head of ESG PT SPIL, mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi yang ditunjukkan oleh peserta, "Hasil kreativitas yang ditunjukkan benar-benar menginspirasi kami. Transformasi seragam bekas menjadi produk bernilai bukan hanya mengurangi jejak ekologis tetapi juga mendorong keberlanjutan."

Kompetisi yang berlangsung selama 2 bulan dengan penilaian tahap demi tahap, mencakup sketsa, presentasi, dan produk akhir. Pengumuman diumumkan pada 18 januari lalu. Melibatkan mahasiswa/i Fakultas Industri Kreatif UBAYA, kompetisi bertujuan mendorong kreativitas berkelanjutan, di mana peserta diharapkan tidak hanya menciptakan produk inovatif dari kain daur ulang tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap perlindungan lingkungan.

Andri juga mengungkapkan bahwa SPIL sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Eco Touch dalam mendaur ulang seragam yang tidak terpakai, menjadikannya bahan utama tantangan dalam kompetisi ini. Selain itu, beberapa mitra turut bergabung dalam kegiatan berkelanjutan ini.

Andri berharap semoga kompetisi semacam ini akan terus memberikan kontribusi nyata terhadap perlindungan lingkungan dan keberlanjutan.

"Kompetisi ini bukan hanya panggung bagi kreativitas, tetapi juga peluang untuk menerapkan pengetahuan dalam dunia nyata. Setiap langkah kecil dalam program ini akan menjadi pencapaian besar yang berdampak positif dan memberikan makna bagi lingkungan di masa depan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler