Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran KUR Fasilitasi di Pasuruan Tembus Rp1 Triliun

Penyaluran KUR untuk UMKM Kab. Pasuruan lewat Cukur Kapas atau, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan tembus Rp1 triliun.
Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR)./ Dok. Freepik
Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR)./ Dok. Freepik

Bisnis.com, MALANG — Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk UMKM yang difasilitasi Program Percepatan Penyaluran KUR Kab. Pasuruan lewat Cukur Kapas atau Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kab. Pasuruan tembus Rp1 triliun sampai akhir Desember 2023.

Plt. Kepala Kantor OJK Malang, Ismirani Saputri, mengatakan program tersebut telah diakses 37.398 debitur dengan total penyaluran KUR sebesar Rp1.017,81 miliar atau tumbuh 5,75% mtm. 

Tiga sektor ekonomi dengan penyaluran KUR tertinggi adalah Perdagangan Besar dan Eceran (porsi: 45,51%), Pertanian, Perburuan dan Kehutanan (porsi: 32,22%), serta Industri Pengolahan (porsi: 9,06%),” ujarnya, Jumat (19/1/2024).

Berdasarkan skema, 66,22% KUR disalurkan kepada usaha mikro, 0,03% kepada TKI, 32,09% kepada usaha kecil, dan 1,67% kepada usaha super mikro.

Program TPAKD lainnya, Kurma (Kredit Usaha Rakyat Mandiri) berbasis klaster/sektor ekonomi Kota Pasuruan. 

Program Kredit Madinah (Merdeka dari Rentenir, Aman Sejahtera) dengan pilot project Desa Pakuncen, Kota Pasuruan yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Pasuruan bebas dari jeratan rentenir. 

Selanjutnya, Program Rabu (Rajin Nabung) oleh Kabupaten dan Kota Pasuruan yang bertujuan untuk mengakselerasi percepatan program Satu Rekening Satu Pelajar. 

Dengan kontribusi program tersebut,  kata dia,  sampai dengan akhir November 2023, 115.845 pelajar di Kota Pasuruan telah membuat rekening dengan total nominal outstanding tabungan sebesar Rp23,56 miliar. Di Kabupaten Pasuruan, program tersebut mendorong pembentukan 183.544 rekening pelajar dengan total nominal sebesar Rp25,71 miliar.

Penyaluran Bantuan Operasional Sekolah Kabupaten (BOSKAB) di Kab. Malang, sampai dengan akhir November 2023 ada total rekening SIMPEL di perbankan mencapai 455.245 rekening dengan nominal tabungan sebesar Rp82,85 miliar. 

Pembentukan rekening di Kabupaten Malang merupakan yang tertinggi di wilayah kerja KOJK Malang yakni 34,43% dari total pembentukan rekening di wilayah kerja KOJK Malang.

Sosialisasi gerakan desa investasi saham yang telah dikomitmenkan bersama antara Pemerintah Kab. Malang, Unisma, dan PUJK, kata Ismirani, saat ini terdapat 14 (empat belas) Galeri Investasi yang telah dibuka di wilayah Malang Raya.

Selanjutnya, pembentukan rekening Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di Kota dan Kabupaten Probolinggo telah mencapai 308.466 rekening sampai dengan akhir November 2023 dengan nominal tabungan sebesar Rp49,45 miliar. 

TPAKD Kota Malang, kata dia,  membuat Kawasan Inklusi Keuangan di Kampung Wisata Kajoetangan yaitu destinasi wisata di tengah Kota Malang dengan mengusung konsep “heritage” yang mengangkat unsur budaya, sejarah dan ekonomi sehingga menjadi destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun internasional.

Masih di Kota Malang Program OJIR (Ojo Percoyo Karo Rentenir) merupakan Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) yang per 31 Desember 2023 senilai Rp175,52 juta dengan jumlah debitur sebanyak 54 orang.

Menurut dia, untuk mendorong sektor pertanian maka OJK Malang melalui TPAKD Kabupaten Malang melakukan business matching melalui pembiayaan KUR Kluster Petani Jeruk Tanpa Musim melalui Jertanmus Integrated Farming System Indonesia (JIFSI) Kecamatan Ngantang.

Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) dengan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa untuk dapat menjadi Agen Laku Pandai. Program tersebut dilaksanakan oleh 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di wilayah kerja KOJK Malang. 

Program TPAKD Kota Batu yang mendorong transaksi keuangan menggunakan QRIS di Kampung Literasi Keuangan Desa Sidomulyo sehingga masyarakat petani bunga menjadi familiar dengan transaksi keuangan melalui Bank serta program KANDA PRABU (Kredit Andalan Para Petani Bunga).

Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Pemerintah Kota Batu (SIKANDA PRABU) yang merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi dalam rangka mendorong perluasan akses keuangan bagi masyarakat Kota Batu dan sebagai sarana untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan Jasa Keuangan di Kota Batu. Sebanyak 33.972 masyarakat telah mengakses website dimaksud.

Program One BumDES One Agent oleh TPAKD Kota Batu yang menargetkan adanya agen LAKU PANDAI di setiap BumDES menjadikan masyarakat bisa menggunakan produk perbankan melalui Agen Laku Pandai yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Peluncuran Kawasan Ekosistem Keuangan Inklusif Desa Wisata (Angin Dewi) Desa Tosari, Kabupaten Pasuruan bersama dengan TPAKD Kabupaten Pasuruan pada tanggal 31 Oktober 2023. 

Program Angin Dewi ini bertujuan untuk memberdayakan desa wisata secara terpadu, mendorong transformasi sosial; budaya; dan ekonomi desa, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di wilayah perdesaan.

Pelaksanaan Program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) yang tujuannya adalah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di wilayah pedesaan telah melalui beberapa tahapan mulai dari pra inkubasi yaitu dengan melakukan identifikasi dan pemetaan potensi desa, infrastruktur, pemahaman masyarakat tentang lembaga jasa keuangan serta akses masyarakat tentang lembaga jasa keuangan. 

Tahap kedua adalah tahap inkubasi dengan memberikan pendampingan, edukasi keuangan, dan pemberdayaan masyarakat bekerjasama dengan seluruh stakeholder terkait. 

“Sampai dengan Desember 2023, tahap pascainkubasi juga telah dilaksanakan di mana berdasarkan hasil survei, dengan adanya program EKI maka terjadi peningkatan pemahaman masyarakat mengenai lembaga jasa keuangan dan terdapat peningkatan jumlah masyarakat yang menggunakan produk keuangan,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper