Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Romokalisari Adventure Land & Kebun Raya Mangrove Surabaya Kini Berbayar

Masuk destinasi wisata Romokalisari Adventure Land dan Kebun Raya Mangrove di Surabaya resmi dikenai tarif per 1 Januari 2024. Segini tarif tiket masuknya:
Wisata ATV di Romokalisari Adventure Land Surabaya/Dok. Pemkot Surabaya
Wisata ATV di Romokalisari Adventure Land Surabaya/Dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menerapkan retribusi tiket masuk kepada pengunjung tempat wisata Romokalisari Adventure Land dan Kebun Raya Mangrove (KRM) sebagai salah satu upaya untuk menggenjot kinerja pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, penerapan retribusi ini bertujuan untuk memenuhi ketentuan Perda No. 7 tahun 2023 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, sekaligus untuk mengembangkan fasilitas dan wahana di kedua tempat wisata tersebut.

“Pengenaan retribusi kami terapkan per 1 Januari 2024,” katanya melalui siaran pers, Rabu (3/1/2024).

Selain menjadi tempat wisata, lanjutnya, Pemkot Surabaya juga menggunakan kedua destinasi tersebut sebagai pemberdayaan keluarga miskin (gamis) melalui program padat karya. 

“Kalau yang di sana [KRM] hanya tiket masuk, wahananya tetap dikelola untuk kepentingan gamis," ujarnya.

Berdasarkan data DKPP Surabaya, besaran tarif masuk yang ditetapkan di KRM, yakni Rp10.000/orang dewasa dan Rp5.000/orang untuk anak-anak. 

Pada akhir pekan atau libur nasional, harga tiket Kebun Raya Mangrove untuk dewasa Rp15.000/orang dan Rp5.000/orang untuk anak-anak, sedangkan harga tiket khusus pelajar yang ditetapkan Rp3.000/orang.

DKPP juga menyediakan paket khusus atau terusan dengan tarif bervariasi di KRM. Informasi terkait besaran harga tiket dan jenis paket terusan bisa diakses secara lengkap melalui akun instagram @dkppsurabaya.

Sementara untuk besaran tarif masuk yang ditetapkan di Romokalisari Adventure Land, pada hari biasa untuk usia dewasa Rp10.000 per orang, untuk anak-anak Rp5.000/orang dan untuk pelajar Rp3.000/orang.

Untuk akhir pekan atau hari libur nasional, tarif masuk Romokalisari Adventure Land untuk dewasa Rp15.000/orang dan untuk anak-anak Rp5.000/orang, sedangkan harga tiket khusus pelajar yang ditetapkan Rp3.000/orang.

Romokalisari Adventure Land merupakan destinasi wisata yang berlokasi dekat dengan Rusun Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai jenis wahana untuk keluarga, seperti Arena Berkuda, ATV, Playground, Mini Zoo, Kano hingga Jetski.

Sementara itu, KRM merupakan destinasi wisata yang memadukan konservasi dan edukasi. KRM berlokasi di Jalan Raya Wonorejo, Kecamatan Rungkut Surabaya. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai jenis wahana, seperti Perahu Air, Sepeda Air, Sekoci, Sepeda Angin hingga ATV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper