Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Jawa Timur Desember 2023, Begini Penjelasan BPS

Inflasi gabungan delapan kota di Jatim, secara bulanan (m-to-m) pada Desember 2023 sebesar 0,29 persen atau turun sebesar 0,02 persen dibanding November 2023.
Pedagang melayani pembeli di salah satu pasar tradisional./JIBI-Abdurachman.
Pedagang melayani pembeli di salah satu pasar tradisional./JIBI-Abdurachman.

Bisnis.com, SURABAYA - Badan Pusat Statistik Jawa Timur mencatat inflasi gabungan delapan kota di wilayah tersebut, secara bulanan (m-to-m) pada Desember 2023 sebesar 0,29 persen atau turun sebesar 0,02 persen dibanding November 2023, yang tercatat sebesar 0,31 persen.

Kepala BPS Provinsi Jawa Timur Zulkipli saat menyampaikan Berita Resmi Statistik di Surabaya, Selasa (2/1/2024), mengatakan inflasi tersebut juga lebih rendah dibanding inflasi bulan yang sama pada tahun sebelumnya, yakni Desember 2022 yang mencapai angka sebesar 0,60 persen.

"Ini berbeda dengan Desember tahun-tahun sebelumnya yang selalu lebih tinggi dibanding dengan bulan November," ucapnya.

Sedangkan jika dilihat per kota, lanjutnya, maka Kabupaten Sumenep merupakan daerah dengan inflasi tahunan tertinggi yang mencapai 5,08 persen, disusul Surabaya dengan inflasi 3,03 persen.

"Yang terendah ialah Kabupaten Banyuwangi dengan angka inflasi sebesar 2,15 persen," kata Zulkipli.

Selain itu, Inflasi gabungan delapan Kota IHK Jawa Timur bulan Desember 2023 tersebut baik menurut tahun kalender (y-t-d) maupun tahunan (y-o-y) adalah sebesar 2,92 persen.

"Sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan target yang dicanangkan Bank Indonesia yaitu berkisar 3,0±1 persen," tuturnya.

Zulkipli menjelaskan, jika dilihat berdasarkan kelompok secara bulanan pada Desember 2023, pengeluaran yang tertinggi ada di komponen makanan, minuman, dan tembakau yang mencapai 0,76 persen.

"Tiga komponen terbesar di kelompok makanan, minuman dan tembakau memiliki andil inflasi sebesar 0,1839 persen, disusul perawatan pribadi dan jasa lainnya dengan inflasi sebesar 0,46 persen dan andil inflasi sebesar 0,0337 persen serta pakaian dan alas kaki dengan inflasi sebesar 0,39 persen dengan andil inflasi sebesar 0,0199 persen," ujarnya.

Berikutnya, pada kelompok Komponen lainnya, yakni energi tercatat di angka -0,09 persen dengan andil sebesar -0,0085 persen.

"Sementara pada komponen bahan makanan tercatat 0.89 persen dengan andil inflasi sebesar 0,1583 persen," tuturnya.

Zulkipli menambahkan, penyumbang utama inflasi menurut kelompok pengeluaran pada inflasi bulan Desember 2023 baik pada bulanan, tahun kalender, maupun tahunan adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

"Tiga komoditas utama penyumbang inflasi bulanan Desember 2023 secara tahunan adalah komoditas bahan makanan yaitu beras, cabai rawit dan cabai merah," tutur Zulkipli.

Dirinya menilai, ada faktor cuaca, El Nino dan curah hujan yang belum merata yang mengganggu produksi komoditas pertanian tersebut.

"El Nino berkepanjangan serta curah hujan yang belum merata mengganggu produksi di beberapa daerah sentra produksi," ucapnya.

Zulkipli berharap, data yang telah disampaikan melalui berita resmi statistik BPS Jatim tersebut bisa dijadikan acuan bagi pemangku kepentingan untuk membuat kebijakan pada tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper