Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Nataru, Pemesanan Tiket Kereta Api di Daop 8 Surabaya Capai 20%

Penjualan tiket yang mencapai 81.528 kursi ini untuk kereta api jarak jauh ini terus bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.
Petugas KAI Daop 8 Surabaya sedang melakukan perawatan jalur rel kereta api menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2023 - 2024./Dok. KAI Daop 8
Petugas KAI Daop 8 Surabaya sedang melakukan perawatan jalur rel kereta api menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2023 - 2024./Dok. KAI Daop 8

Bisnis.com, SURABAYA - KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat tren penjualan tiket kereta api pada untuk masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 - 2024 hingga kini sudah tercapai sebesar 20% dari total kursi yang disediakan sebanyak 407.642 tiket.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan penjualan tiket yang mencapai 81.528 kursi ini untuk kereta api jarak jauh ini terus bertambah karena penjualan masih terus berlangsung.

“Dari total penjualan itu, relasi yang jadi tujuan favorit yakni Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, Banyuwangi, dan lainnya," katanya, Senin (27/11/2023).

Adapun terdapat 3 kereta api yang okupansinya tertinggi, di antaranya KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang PP, KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, dan KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP.

Sedangkan tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit untuk dipesan yakni pada 23 Desember 2023 terjual sebanyak 33% atau 7.527 tiket, pada 22 Desember 2023 terjual 32% atau 7.360 tiket, dan pada 26 Desember 2023 terjual sebanyak 26% atau 5.905 tiket.

“Hingga saat ini KAI masih menyediakan tempat duduk pada tanggal alternatif lainnya. Kami juga mengimbau agar masyarakat memperhatikan kembali jadwal keberangkatan," imbuhnya.

Luqman menambahkan, dalam angkutan masa libur Nataru ini, KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana, salah satunya bagian Jalan Rel dan Jembatan (JJ) KAI Daop 8 Surabaya dengan melakukan perawatan jalan rel sesuai mitigasi potensi risiko dan profil masing-masing kepadatan tanah pada beberapa daerah.

“Salah satu pekerjaan perawatan yang dilakukan oleh bagian JJ KAI Daop 8 Surabaya pada hari ini adalah perawatan jalur rel di km11+5/6, petak jalan Stasiun Wonokromo - Stasiun Waru. Pekerjaan perawatan jalur rel ini dilakukan setiap hari di seluruh wilayah KAI Daop 8 Surabaya," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, perawatan juga dilakukan dengan pengukuran lebar jalur rel, angkat listring, penggantian maupun pengisian batu ballast, hingga penggantian bantalan rel. 

“Selama proses perawatan jalur rel ini, tidak akan menimbulkan dampak terhadap waktu tempuh perjalanan KA,” imbuhnya.

KAI Daop 8 Surabaya sendiri memiliki panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kabupaten/kota di Jatim, dan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper