Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Olahraga Agar Aman dari Serangan Jantung

Benar adanya bahwa olahraga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan serangan jantung.
Ilustrasi serangan jantung./Ist
Ilustrasi serangan jantung./Ist

Bisnis.com, MALANG — Olahraga secara sehat akan aman dari ancaman serangan jantung, yakni olahraga dengan memperhatikan kemampuan individu, harus rutin dan bertahap, penuhi dengan nutrisi dan cairan.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM), Dedy Irawan, mengatakan penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Pada beberapa kasus, penyakit jantung terjadi setelah berolahraga.

“Benar adanya bahwa olahraga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan serangan jantung,” katanya, Senin (20/11/2023).

Hal tersebut terjadi karena olahraga adalah aktivitas fisik yang menyebabkan aktivitas jantung meningkat. Meski demikian, tidak bisa dikatakan bahwa olahraga yang menyebabkan kematian.

“Perlu diperhatikan, tidak semua olahraga yang dilakukan itu sudah benar. Jenis olahraga orang yang sehat dengan dengan yang tidak sehat pasti berbeda. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat ingin berolahraga,” ucap nya.

Ketika berolahraga, dia menyarankan, orang harus memilih yang sesuai dengan kemampuan. Bagi individu yang masih muda serta memiliki fisik yang kuat dan sehat bisa melakukan olahraga apapun. Berbeda dengan orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Selain itu, olahraga rutin dan bertahap. Saat pertama kali berolahraga, kita tidak boleh langsung melakukan olahraga yang berat.

“Jika kita memaksakan berolahraga di luar kemampuan, maka jantung tidak akan kuat dan hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung,” ujarnya.

Adapun yang tidak kalah penting, kata dia, memenuhi cairan dan nutrisi. Saat berolahraga, seseorang pasti akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi dan gangguan elektrolit.

Jika terjadi gangguan elektrolit, maka akan terjadi gangguan irama jantung dan dapat menyebabkan serangan jantung. Gangguan irama jantung, yakni kondisi dimana ritme jantung tidak teratur.

“Terakhir yang mungkin terjadi adalah, memiliki faktor risiko lainnya sehingga menyebabkan orang tersebut meninggal saat berolahraga,” tambahnya.

Dedy berkata, belum dapat dipastikan dengan baik penyebab serangan jantung di Indonesia, dikarenakan kurangnya data. Tidak seperti di luar negeri yang memiliki data lengkap pasiennya, terutama data kematian pada atlet.

“Memang ada atlet yang meninggal dikarenakan serangan jantung, namun tidak banyak. Penyebabnya bisa karena gangguan irama jantung, gangguan di struktur jantung, serta kelainan lain seperti konsumsi obat-obatan secara berlebih,”  katanya.

Gangguan struktur jantung ini dapat berupa jantung bocor, otot jantung menebal, atau pembengkakkan otot jantung. Gangguan struktur jantung ini dapat karena faktor bawaan dari lahir maupun karena faktor umur.

Kelainan lain yang menyebabkan serangan jantung, yakni  mengonsumsi obat-obatan melebihi dosis yang diresepkan, merokok, serta karena pola hidup tidak sehat.

Dedy menegaskan,  mereka yang memiliki penyakit jantung dan ingin memilih olahraga, harus melakukan medical check up dan melakukan pemeriksaan yang dilakukan dengan treadmill test sembari dipasangkan alat-alat. Misalnya seperti elektrokardiogram (EKG). Setelah itu akan muncul resep yang disingkat dengan FITT (Frequency, Intensity, Type, Time).

Frekuensi, idealnya orang  harus berolahraga berapa kali dalam seminggu. Intensitas yang dimaksud ialah berapa target detak jantung yang harus dicapai pada saat berolahraga.

Tipe olahraga apa yang cocok dengan kondisi kita, seperti memiliki penyakit jantung, maka olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang agak aerobik untuk meningkatkan detak jantung.

Sedangkan waktu, yakni  seberapa lama idealnya kita berolahraga. Olahraga dilakukan secara rutin, yang awalnya dilakukan sekitar 30 menit maka ditingkatkan lagi menjadi 40 menit. Treadmill test ini untuk penilaian kemampuan awal. Hal ini berkelanjutan dan rutin sembari ditingkatkan pelan-pelan intensitasnya.

Dedy menyampaikan bahwa penyakit jantung tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi dimana saja.  “Karenanya, masyarakat Indonesia harus bisa menguasai dan melakukan bantuan hidup dasar, agar tidak bingung saat menghadapi orang yang tiba-tiba terkena serangan jantung,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper