Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme Konsumen di Malang Terus Menguat pada Oktober 2023

Optimisme konsumen di wilayah Bank Indonesia Malang terus menguat pada Oktober 2023
Pengunjung memilih minyak goreng kemasan./Bisnis-Fanny Kusumawardhani.
Pengunjung memilih minyak goreng kemasan./Bisnis-Fanny Kusumawardhani.

Bisnis.com, MALANG — Optimisme konsumen di wilayah Bank Indonesia Malang terus menguat pada Oktober 2023.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan pada Oktober 2023, hasil Survei Konsumen BI Malang mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. 

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Oktober 2023 tercatat sebesar 169,00 menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat 157,08,” katanya, Senin (30/10/2023)

Dengan demikian, kata dia, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap berada pada level optimis (indeks > 100).  Kenaikan IKK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar 159,83 meningkat dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 149,83.  Meningkatnya IKE didorong oleh seluruh kenaikan komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja. 

Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi yang menunjukkan geliat ekonomi masyarakat melalui peningkatan konsumsi masyarakat.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, kata dia, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Oktober 2023 tercatat sebesar 178,17 meningkat dari 164,33 pada September 2023.

Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan seluruh komponen penyusun IEK, terutama Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha,” ucapnya

Ekonom Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Joko Budi Santoso, menilai keberhasilan pemerintah dan otoritas moneter dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah konstelasi politik yang mulai menghangat dan komoditas pangan yang bergejolak berdampak pada optimisme perekonomian ke depan. 

Menurut dia, fondasi perekonomian yang memiliki resiliensi tinggi akan kembali diuji dengan adanya pesta demokrasi dengan segenap dinamikanya. Pada periode tersebut, kemungkinan investor akan mengambil posisi wait and see sehingga kebijakan fiskal akan memegang peranan penting di periode tahun politik.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper