Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Kediri Membuka 312 Formasi PPPK

Formasi yang dibuka tahun ini di Kota Kediri sejumlah 312 terdiri dari tiga macam jenis jabatan, guru, jabatan teknis, dan jabatan tenaga kesehatan.
Ilustrasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)./Istimewa
Ilustrasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)./Istimewa

Bisnis.com, KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, merekrut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di 2023 sebanyak 312 orang,

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kediri Un Achmad Nurdin mengemukakan rekrutmen di Kota Kediri ini digelar berdasarkan kebijakan dari pemerintah pusat mengenai rekrutmen aparatur sipil negara (ASN).

"Itu kebijakan dari pemerintah pusat, namun untuk pemerintah daerah alokasi yang diberikan hanya untuk rekrutmen PPPK. Adapun formasi yang diberikan mencakup tiga macam jabatan, yakni jabatan fungsional guru, jabatan teknis, dan jabatan tenaga kesehatan," katanya di Kediri, Rabu (27/9/2023).

Ia menjelaskan sesuai dengan SK Kementerian PAN-RB, formasi yang dibuka tahun ini di Kota Kediri sejumlah 312 terdiri dari tiga macam jenis jabatan tersebut.

"Yakni pertama jenis jabatan fungsional tenaga guru 188 formasi, jabatan teknis 62 formasi, dan jabatan tenaga kesehatan ada 62 formasi," kata dia.

Ia juga menjelaskan mekanisme rekrutmen PPPK tahun 2023 ini ada perbedaan jika dibandingkan tahun sebelumnya, yakni terbagi menjadi dua jalur yaitu kebutuhan khusus dan kebutuhan umum.

Untuk kebutuhan khusus, kata dia, pada jabatan teknis dan tenaga kesehatan pelamar berasal dari para tenaga honor kategori II (THK II) yang sudah terdaftar di database BKN dan sudah bekerja minimal dua tahun dan masih aktif bekerja.

"Untuk kebutuhan umum, adalah pelamar yang memiliki pengalaman kerja di bidang formasi yang dilamar selama dua tahun," kata dia.

Ia juga menambahkan untuk jabatan guru, kebutuhan khusus ditujukan untuk pelamar prioritas yaitu para pelamar PPPK pada tahun 2021 yang sudah memenuhi angka passing grade waktu itu, lalu para THK II dan aktif bekerja di lingkungan Pemkot Kediri minimal tiga tahun.

"Sedangkan untuk kebutuhan umum ditujukan untuk pelamar dari lulusan pendidikan profesi guru (PPG), dan guru yang sudah terdaftar di database dapodik," ujar dia.

Un Achmad juga mengingatkan bagi para pelamar untuk teliti dalam melakukan pengisian dokumen persyaratan yang sesuai di website sscasn.bkn.go.id.

"Adapun yang perlu diperhatikan sebelum melamar di antaranya scanner dokumen asli bukan dokumen fotocopy, serta memakai mode berwarna, lalu untuk jabatan teknis tahun ini banyak formasi untuk programer jadi harus mampu menguasai bahasa pemrogaman dan tuliskan di pengalaman kerja," kata dia.

Ia juga mengatakan jika memiliki pertanyaan terkait rekrutmen PPPK Kota Kediri atau mendapati kesulitan saat melamar formasi yang dilamar, masyarakat dapat langsung menghubungi lewat direct message via Instagram di @bkpsdm_kotakediri.

Pemkot Kediri sebelumnya membuka CPNS untuk formasi 2021 yakni tenaga kesehatan dan guru. Tenaga kesehatan dibutuhkan, salah satunya karena kebutuhan terlebih lagi karena pandemi Covid-19.

Sebanyak 182 orang telah lolos seleksi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Kediri formasi tahun 2021. Mereka juga sudah menerima surat keputusan (SK) pengangkatan CPNS dari pemerintah.

Sebanyak 182 orang CPNS yang telah menerima SK itu terdiri atas 81 orang golongan tiga dan 101 golongan dua. Mereka telah lolos seleksi dan dipastikan telah memiliki karakter yang tangguh dan mampu di bidangnya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler