Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Sebut Industri Otomotif Dorong Kinerja Pembiayaan di Jatim 10,07 Persen

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur menyebut kinerja industri otomotif yang tumbuh 9,6 persen tahun ini turut memacu industri keuangan.
Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 4 Jatim, Dedy Patria (tengah batik) bersama jajaran direksi Astra Financial grup saat opening booth Astra Financial di GIIAS 2023 Surabaya, Rabu (20/9/2023)./Bisnis - Peni Widarti.
Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 4 Jatim, Dedy Patria (tengah batik) bersama jajaran direksi Astra Financial grup saat opening booth Astra Financial di GIIAS 2023 Surabaya, Rabu (20/9/2023)./Bisnis - Peni Widarti.

Bisnis.com, SURABAYA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur menyebut kinerja industri otomotif yang tumbuh 9,6 persen tahun ini turut memacu industri keuangan non perbankan atau pembiayaan di Jatim.

Direktur Pengawasan LJK 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 4 Jatim, Dedy Patria mengatakan secara nasional, pertumbuhan industri otomotif hingga semester I/2023 jauh melebihi pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,49 persen di Jatim.

“Pertumbuhan industri otomotif ini tentunya mendukung pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Kami berharap gelaran seperti pameran otomotif GIIAS 2023 Surabaya ini akan semakin menggenjot kinerja kredit kendaraan bermotor (KKB) sekaligus perekonomiannya,” jelasnya saat pembukaan booth Astra Financial di GIIAS 2023 Surabaya, Rabu (20/9/2023).

Namun yang paling penting, katanya, dalam menyalurkan pembiaaan KKB, perusahaan pembiayaan termasuk Astra Financial juga harus memberikan literasi keuangan kepada konsumen mengingat masih ada gap antara literasi dengan inklusi keuangan masyarakat.

“Literasi atau pemahaman masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan untuk di Jatim masih 55 persen. Kami mencatat, dari 100 orang yang disurvei, baru 55 orang yang memahami jasa keuangan. Sedangkan tingkat inklusi atau orang yang mengakses jasa keuangan sudah mencapai 93 persen. Ini berarti ada gap yang masih menjadi PR kita bersama,” ujarnya.

Berdasarkan data OJK Regional 4 Jatim, kinerja sektor lembaga pembiayaan di Jatim per Juli 2023 tercatat ada nilai piutang pembiayaan sebesar Rp41,3 triliun atau tumbuh 10,07 persen (yoy). Sedangkan kinerja total aset lembaga pembiayaan per Juli 2023 mencapai Rp541 triliun atau naik 124,72 persen (yoy).

Profil risiko perusahaan pembiayaan masih terjaga dengan rasio non performing financing (NPF) gross tercatat sebesar 3,32 persen dan gearing ratio perusahaan pembiayaan tercatat sebesar 0,33 kali, jauh di bawah batas maksimum 10 kali.

Project Director Astra Financial GIIAS 2023, Tan Chian Hok menjelaskan, pada GIIAS Surabaya tahun lalu, Astra Financial berhasil merealisasikan sebanyak 1.245 transaksi dengan nilai pembiayaan Rp315 miliar. “Nah selama 5 hari gelaran GIIAS 2023 di Surabaya ini, kami menargetkan ada pertumbuan transaksi pembiayaan sebesar 5 persen dibandingkan capaian tahun lalu,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pada GIIAS 2023 di Jakarta di Agustus lalu, Astra Financial berhasil merealisasikan pembiayaan kendaraan bermotor sebanyak Rp2,38 triliun naik 52 persen dibandingkan GIIAS Jakarta 2022, dengan total transaksi 6.820 unit. 

“Capaian GIIAS di Jakarta pada tahun ini juga melebihi target yang ditentukan semula hanya Rp2,3 triliun dengan transaksi sebanyak 6.600 unit SPK,” imbuhnya.

Tan Chian Hok menambahkan Astra Financial optimistis bisa mencapai target-target tersebut seiring dengan besarnya potensi pasar kendaraan bermotor yang ada di Surabaya dan sekitarnya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kami menyiapkan beragam promo menarik selama GIIAS Surabaya, ada promo kredit dengan tenor 1 tahun dengan bunga hanya 0,66 persen, ada spesial rate 2,66 persen dengan tenor 2 -3 tahun, serta masih banyak lagi promo besar-besaran dan hadiah/cashback langsung dari 9 unit bisnis Astra Financial,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper