Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Bangun Anjungan Listrik Mandiri Berkapasitas 33.000 VA di Pelabuhan Kayangan

Pembangunan ALMA bagian program electrifying marine ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan penerangan kapal dan kebutuhan tenaga listrik saat kapal sandar.
Suasana dermaga di pelabuhan./Bisnis
Suasana dermaga di pelabuhan./Bisnis

Bisnis.com, DENPASAR – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB membangun Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Kehadiran ALMA berkapasitas 33.000 VA ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan mendukung aktivitas pelaku usaha dan masyarakat, khususnya di sektor kelautan dan perikanan.

Pembangunan ALMA sebagai bagian dari program electrifying marine ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan penerangan kapal dan kebutuhan tenaga listrik saat kapal sandar di dermaga. ALMA diharapkan dapat menggantikan sumber energi pelabuhan yang selama ini menggunakan BBM ke sumber energi yang lebih murah dan ramah lingkungan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo menjelaskan kehadiran ALMA ini akan berdampak pada efisiensi bahan bakar karena sudah kapal yang sandar akan menggunakan listrik. ALMA juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor pariwisata dan kelautan. Sebelumnya kapal-kapal yang ada masih menggunakan diesel dengan bahan bakar minyak solar yang tentunya kurang ekonomis dan ramah lingkungan.

“Saat ini, total ALMA yang terbangun di NTB ada tujuh unit dan tentunya akan terus bertambah. Ini merupakan salah satu kontribusi kami untuk kemajuan daerah yang salah satunya dengan cara memperkuat dan menambah kapasitas listrik untuk industri di sektor perikanan dan kelautan,” jelas Djarwo dikutip dari siaran pers, Senin (14/8/2023)

ALMA sendiri merupakan salah satu program electrifying marine, yaitu layanan PLN untuk memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan listrik kebutuhan penerangan kapal, mini cold storage, serta kebutuhan tenaga listrik lainnya pada lokasi-lokasi dermaga, pelabuhan, kapal sandar, pangkalan pendaratan ikan (PPI) dan tempat pelelangan ikan (TPI).  Di NTB, ALMA telah terbangun di Pelabuhan Lembar, Kayangan, Poto Tano, Sape, Gili Gede, Teluk Nare dan Gili Trawangan.

PJS. General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kayangan, Ahmad Budiyono yang turut hadir pada acara tersebut mengapresiasi program electrifying marine dari PLN. Ahmad juga mengucapkan terima kasih kepada PLN atas terealisasinya pemasangan ALMA di Pelabuhan Kayangan. Dirinya mengatakan bahwa penggunaan fasilitas anjungan listrik (ALMA) akan meningkatkan efisiensi karena menurunkan pemakaian bahan bakar.

“Adanya fasilitas ALMA ini tentu berdampak besar bagi kami dalam mengurangi jam kerja mesin, terutama saat menginap atau tidak berlayar dan sandar di dermaga. Semoga fasilitas ALMA mampu memberikan banyak manfaat bagi operasional kapal-kapal yang ada di sini,” ujar Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper