Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Terminal Petikemas Perluas Area Kerja Menjadi 29 TPK

PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) memperluas area kerja perseroan melalui pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo di Kalimantan Tenga.
Tampak dari atas area TPK Bagendang./Dok SPTP
Tampak dari atas area TPK Bagendang./Dok SPTP

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) memperluas area kerja perseroan melalui pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo di Kalimantan Tengah mulai 1 Agustus 2023. 

Corporate Secretary SPTP, Widyaswendra mengatakan pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo oleh SPTP merupakan kelanjutan dari aksi korporasi setelah penggabungan Pelindo. 

“Secara bertahap kegiatan pelayanan terminal peti kemas akan diserahkan operasikan dari holding (Pelindo) kepada SPTP. Dengan bertambahnya 2 TPK di Kalimantan Tengah ini menambah daftar terminal yang kami kelola menjadi 29 terminal petikemas,” jelasnya, Selasa (1/8/2023).

Dia menjelaskan, sejak 2022 SPTP menerima serah operasi terminal di 14 kantor cabang dan inbreng 7 anak perusahaan. Dengan serah operasi TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo yang menjadi 1 cabang, maka total terdapat 15 kantor cabang dengan keseluruhan terminal menjadi 29 terminal peti kemas.

Pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo ini merupakan salah satu langkah dalam upaya meningkatkan pelayanan terminal peti kemas. Nantinya, SPTP akan melakukan sejumlah transformasi di terminal meliputi standardisasi dan digitalisasi bisnis proses, peningkatan kompetensi bagi pekerja, serta peningkatan keandalan peralatan penunjang kegiatan terminal peti kemas.

“Seluruh terminal peti kemas akan memiliki standar pelayanan yang sama sesuai dengan kelas masing-masing guna memudahkan kontrol dan monitoring bagi SPTP selaku operator maupun perusahaan pelayaran sebagai pengguna jasa,” imbuhnya.

Adapun pada 2022, SPTP mencatat arus peti kemas di TPK Bagendang sebanyak 62.339 TEUs, dan TPK Bumi Harjo tercatat sebanyak 42.775 TEUs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper