Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan AI, Universitas Brawijaya Gandeng Perguruan Tinggi Jepang

Universitas Brawijaya berkolaborasi dengan perguruan tinggi di jepang untuk menginisiasi penelitian AI.
Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof Widodo (kiri) bersama President Nagoya City University, Kiyofumi Asai, di Nagoya beberapa waktu lalu./ Istimewa
Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof Widodo (kiri) bersama President Nagoya City University, Kiyofumi Asai, di Nagoya beberapa waktu lalu./ Istimewa

Bisnis.com, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Jepang untuk menginisiasi berdirinya Pusat Penelitian Robotika dan AI.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Internasionalisasi UB, Andi Kurniawan, mengatakan kerja sama itu juga terkait pengembangan program studi data science dan material science serta berbagai kolaborasi di bidang akademik, riset dan inovasi.

Salah satu perguruan tinggi di Jepang yang digandeng adalah Nagoya City University (NCU). Dengan kerja sama ini, diharapkan bisa saling memberikan manfaat antara dua perguruan tinggi.

"Kami bekerja sama dengan perguruan tinggi yang benar-benar menganggap UB sebagai mitra penting sehingga collaboration for growing together bisa dilakukan," kata Andi Kurniawan, Selasa (6/6/2023).

Dalam bidang artificial intelligence, kata dia, rencananya akan diaplikasikan pada riset-riset dalam bidang ilmu hayati terutama yang terkait dengan medical plant atau tanaman herbal.

Dosen Fakultas Ilmu Komputer UB,  Novanto Yudistira, menambahkan kedepannya implementasi AI akan dilakukan untuk big data pada tataran molekul tanaman-tanaman herbal sehingga kecanggihan AI bisa mengeksplorasi 7.000 tanaman herbal yang bermanfaat di bidang kesehatan.

"Pada kunjungan ke NCU, Rektor UB juga melakukan presentasi penelitian yang berjudul Bioinformatic and Holistic Paradigm of the Complexity of Indonesia Traditional Medicine for Promoting Human Health yang membicarakan keanekaragaman hayati Indonesia untuk membuka peluang dalam mengembangkan penelitian mengenai obat tradisional. Akan tetapi, satu hal yang harus dicari solusinya adalah mengenai standarisasi keamanan produk tersebut," kata Yudis.

Pada bidang robotika, UB dengan Waseda University akan bekerja sama dalam pembuatan robot humanoid  yaitu King of Brawijaya.

Kerja sama dengan Waseda University telah terjalin sejak  2019. UB memilih Waseda University karena termasuk perguruan tinggi terbaik di dunia peringkat 200 versi QS Star.

Disamping itu, beberapa profesor di Waseda University seperti Prof Shuji Hashimoto (salah satu tim pembuat robot gundam) dan Prof Pitoyo Hartono (diaspora Indonesia menjadi profesor di Jepang) telah banyak melakukan hubungan kerjasama dengan menjadi dosen tamu atau dosen pembimbing di FILKOM.

Selain riset atau penelitian, output dari kerja sama yang dilakukan juga akan diarahkan untuk melakukan publikasi di jurnal internasional bereputasi dan mendorong jurnal-jurnal di UB untuk menjadi jurnal bereputasi.

"Harapannya kita bisa mempelajari dan melakukan inovasi dari penelitian dari profesor-profesor yang kita temui, khusus untuk Waseda University dan Chukyo University mereka adalah ahli-ahli utama yang terlibat langsung dalam proyek pembuatan robot gundam. Kita mendorong kolaborasi yang dilakukan UB dapat terjalin dengan perguruan tinggi terkemuka di dunia terutama dengan perguruan tinggi dengan peringkat 100 QS yang juga merupakan bagian dari IKU UB," kata Andi.

Sebelumnya, UB juga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya di Jepang, seperti Nagoya University, Chukyo University, Keio University dan Waseda University, dan merupakan tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper