APJII Optimis Plt. Menkominfo Berikan Solusi atas Permasalahan Telekomunikasi

APJII berkomitmen untuk berdialog dan bekerja sama dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah, dalam memahami dan menerapkan UU Cipta Kerja.
Foto: APJII Optimis Plt. Menkominfo Berikan Solusi atas Permasalahan Telekomunikasi
Foto: APJII Optimis Plt. Menkominfo Berikan Solusi atas Permasalahan Telekomunikasi

Bisnis.com, SURABAYA - Setelah penetapan tersangka dan penahanan atas Johnny G Plate, pada Jumat 19 Mei 2023, Presiden Joko Widodo menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Keputusan cepat ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif, yang melihat ini sebagai bukti nyata dari komitmen pemerintah terhadap kontinuitas pelayanan publik dan pemerintahan di Kemenkominfo.

"Berdasarkan data BPS, kontribusi sektor ICT terhadap PDB Indonesia mencapai 4,41%. Langkah ini oleh Presiden Joko Widodo merupakan respons yang sangat tepat untuk mempertahankan pertumbuhan perekonomian nasional,” kata Arif.

APJII optimis bahwa Plt Menkominfo, juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, dapat bergerak cepat dan taktis dalam menyelesaikan beberapa permasalahan yang telah mengganggu sektor ICT belakangan ini.

Arif menekankan bahwa penyelenggara layanan telekomunikasi di Indonesia siap dan berkomitmen untuk mematuhi semua regulasi yang ditetapkan pemerintah pusat dan daerah.

APJII menghargai semangat di balik UU Cipta Kerja yang bertujuan mendorong pertumbuhan investasi, termasuk di sektor ICT. Namun, organisasi ini juga mencatat beberapa tantangan, seperti regulasi daerah yang mungkin tidak sepenuhnya sejalan dengan UU tersebut.

Arif menegaskan, "APJII dan seluruh asosiasi perusahaan telekomunikasi yang ada di Indonesia akan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami siap mendukung pemda dalam memberikan kontribusi ke APBD, selama hal itu berada dalam koridor perundang-undangan yang berlaku."

Di tengah tantangan ini, APJII berkomitmen untuk berdialog dan bekerja sama dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah, dalam memahami dan menerapkan UU Cipta Kerja.

Mengingat peran penting dari industri ICT di Indonesia, APJII berencana mengatur pertemuan dengan berbagai pihak terkait, termasuk Plt Menkominfo, untuk mencari solusi terbaik bagi perkembangan industri ICT nasional dan mendukung transformasi digital yang tengah digencarkan Presiden Joko Widodo.

"Dalam upaya ini, kami berharap dapat berkolaborasi dengan Plt Menkominfo dalam mengawal transformasi digital dan penggelaran infrastruktur TIK guna pemerataan internet broadband di Indonesia. Transformasi digital sangat vital agar Indonesia memiliki daya saing dan dapat berkompetisi di pasar global,” kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper