Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua KA Jarak Jauh Bakal Dihadirkan Daop 8 Surabaya

KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember – Surabaya – Gambir (PP) mulai 1 Juni 2023.
Penumpang kereta api./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Penumpang kereta api./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya menghadirkan dua KA jarak jauh baru, yakni KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember – Surabaya – Gambir (PP) mulai 1 Juni 2023.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya, di Surabaya, Senin (22/5/2023), mengatakan untuk kelas pelayanannya, KA Argo Semeru terdiri dari sembilan kereta eksekutif dengan jam keberangkatan pukul 09.05 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, datang di Stasiun Gambir pukul 19.40 WIB dan beroperasi setiap hari.

"Untuk KA Pandalungan, pada tahap awal akan beroperasi pada akhir pekan, jadwal dari Surabaya Pasarturi tujuan Gambir dengan jam keberangkatan pukul 19.05 WIB dan dari Surabaya Pasarturi tujuan Jember dengan jam keberangkatan pukul 06.48 WIB," ujarnya.

Sementara, jumlah kapasitas KA Argo Semeru maksimal sebanyak 450 penumpang, sedangkan KA Pandalungan yang terdiri dari delapan kereta kelas eksekutif berjumlah maksimal sebanyak 400 penumpang.

“Pengoperasian dua KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” ucapnya.

Luqman menjelaskan pengoperasian KA Argo Semeru dan KA Pandalungan merupakan KA jarak jauh terbaru yang beroperasi pada Gapeka 2023.

"KA Argo Semeru menawarkan alternatif perjalanan KA kelas eksekutif Surabaya Gubeng - Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari, dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit," katanya.

KA Pandalungan, lanjutnya, dengan relasi Jember – Surabaya – Gambir menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh.

Selain itu, untuk menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru seharga Rp250 ribu dan KA Pandalungan seharga Rp300.000.

Tarif promo tersebut berlangsung pada bulan Juni 2023 dan masyarakat dapat melakukan pembelian melalui aplikasi KAI Access maupun mitra resmi KAI lainnya mulai H-30.

“Dengan adanya KA-KA baru dan tarif promo tersebut, diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” ujar Luqman Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper