Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Pandalungan Memiliki Jarak Tempuh 919 Kilometer, Layani Jember-Jakarta

Sebagai kereta api dengan jarak tempuh paling jauh mencapai 919 kilometer, KA Pandalungan itu nantinya juga bisa mengakomodir bagi warga daerah tapal kuda.
Ilustrasi: Petugas memberangkatkan KA Sritanjung di Stasiun Jember./Humas KAI Daop 9 Jember.
Ilustrasi: Petugas memberangkatkan KA Sritanjung di Stasiun Jember./Humas KAI Daop 9 Jember.

Bisnis.com, JEMBER - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember segera mengoperasionalkan Kereta Api Pandalungan dengan relasi Stasiun Jember menuju Stasiun Gambir Jakarta bersamaan dengan pergantian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023.

“Kabar gembira bagi masyarakat Jember dan sekitarnya yang ingin bepergian ke Jakarta dengan moda transportasi kereta api. Tiketnya sudah dapat dipesan melalui KAI Access dan web kai.id," kata Pelaksana harian Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9, Anwar Yuli Prastyo di Kabupaten Jember, Selasa (16/5/2023).

Menurutnya untuk kelas pelayanan KA Pandalungan terdiri dari delapan gerbong eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk dalam sekali jalan dan KA Pandalungan akan beroperasi pada hari Senin dan Kamis sampai dengan Minggu untuk tahap awal.

Dengan hadirnya KA Pandalungan maka warga Jember dan sekitarnya yang akan pergi ke Jakarta tidak perlu berganti kereta api atau transit di stasiun lain terlebih dahulu karena kereta yang akan diluncurkan pada 1 Juni 2023 itu beroperasi langsung dari Stasiun Jember menuju Jakarta.

"Sebagai kereta api dengan jarak tempuh paling jauh mencapai 919 kilometer, KA Pandalungan itu nantinya juga bisa mengakomodir bagi warga daerah tapal kuda seperti Jember, Probolinggo dan Pasuruan yang ingin bepergian menuju Semarang, Pekalongan, maupun Tegal," tuturnya.

Untuk semakin menambah minat masyarakat, lanjut dia, KAI juga menyediakan tarif promosi pada perjalanan KA Pandalungan sebesar Rp300.000 dengan periode promosi 1-30 Juni 2023.

"Jumlah tiket promosi yang disediakan sangat terbatas, segera cek melalui aplikasi KAI Access sebelum kehabisan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Jember menuju Jakarta," katanya.

Untuk info selengkapnya terkait operasional KA Pandalungan, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

Anwar berharap beroperasinya KA Pandalungan dapat meningkatkan pelanggan kereta api di Daop 9 Jember dan bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat di wilayah tapal kuda yang akan bepergian menuju Jakarta maupun sebaliknya sambil menikmati keindahan sepanjang perjalanan dan kenyamanan pelayanan yang diberikan oleh KAI.

"Total kereta api yang beroperasi di Daop 9 Jember ada 18 Perjalanan KA dan mulai 1 Juni bertambah 2 perjalanan KA, yaitu mulai beroperasinya KA Pandalungan relasi Jember - Gambir (PP)," ujarnya.

Beberapa rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon PP, KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang - Cilacap PP, KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng PP, KA Logawa relasi Jember - Purwokerto PP.

Lalu KA Sritanjung relasi Ketapang - Lempuyangan PP, KA Tawangalun relasi Ketapang - Malang Kota Lama PP, KA Probowangi relasi Ketapang - Surabaya Gubeng PP, dan kereta lokal KA Pandanwangi relasi Jember - Ketapang sebanyak 2 kali PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper