Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTSa Benowo Sumbang 122,04 GWh Energi Bersih di Jatim

Sejak beroperasi pada 30 November 2015 hingga saat ini, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo Surabaya telah berhasil menyumbang energi bersih.
Tampak dari atas lokasi PLTSa Benowo Surabaya./Dok. PLN Jatim
Tampak dari atas lokasi PLTSa Benowo Surabaya./Dok. PLN Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Sejak beroperasi pada 30 November 2015 hingga saat ini, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo Surabaya telah berhasil menyumbang sekitar 122,04 GWh energi bersih untuk Jawa Timur yang disalurkan melalui PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jatim.

General Manager PLN UID Jatim Lasiran mengatakan PLTSa Benowo ini merupakan wujud nyata kolaborasi PLN dengan pemerintah Kota Surabaya untuk mendukung energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan.

“Kami akan terus berkolaborasi dengan pemerintah memberikan akses listrik secara merata di Jatim melalui pembangkit-pembangkit hijau lainnya ke depan,” katanya, Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, penanganan sampah di kota-kota besar seperti Surabaya yang dianggap sebuah permasalahan utama, kini sudah memiliki solusi yang justru membawa manfaat untuk masyarakat luas.

Dia memaparkan, PLTSa Benowo merupakan pembangkit listrik berbahan bakar sampah dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Benowo yang memiliki areal seluas 37,4 ha. 

PLTSa ini pertama kali beroperasi dengan kapasitas 1,65 MW menggunakan teknologi sanitary landfill

Sebagai bentuk tindak lanjut Perpres 35/2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan, PLTSa Benowo tahap 2 berkapasitas 9 MW dengan teknologi gasification (zero waste) beroperasi 10 Maret 2021.

Adapun sanitary landfill ini merupakan sistem pengelolaan dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah untuk selanjutnya diperoleh gas metan. 

Sementara metode gasification/zero waste adalah metode untuk mengkonversi sampah padat menjadi bahan bakar gas melalui proses termal (termokimia) dengan pasokan udara terbatas pada suatur reaktor yang disebut dengan gasifier. 

Zero waste memiliki keunggulan yakni tidak ada sampah yang tersisa dibanding teknologi sebelumnya yang masih memiliki residu. 

Kedua pembangkit ini langsung terkoneksi dengan sistem 20 kV di Gardu Induk Altaprima, sehingga listrik yang digunakan warga Surabaya ini sudah dipasok energi ramah lingkungan.

"Setiap tahun, PLTSa ini berkontribusi memasok energi bersih sekitar 5,5 GWh dan 30 GWh untuk masing-masing pembangkitnya," ujarnya.

Lasiran menambahkan, hingga akhir tahun ini, PLN pun berencana menambah 16 PLTS komunal berkapasitas 975 kWp dengan potensi pelanggan 8.434 di Kepulauan Sumenep seperti Bulumanuk, Bunginnyarat, Gili Labak, Karamian, Sepangkur Kecil dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper