Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemudik Tujuan Jatim Diprediksi 21,3 Juta Orang, Begini Antisipasinya

Jumlah pemudik menuju Jawa Timur pada momen Lebaran tahun ini diprediksi akan mencapai 21,3 juta orang atau lebih tinggi dari prediksi awal.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Tol Pasuruan - Probolinggo  untuk antisipasi mudik Lebaran./Dok. Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Tol Pasuruan - Probolinggo  untuk antisipasi mudik Lebaran./Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA — Jumlah pemudik menuju Jawa Timur pada momen Lebaran tahun ini diprediksi akan mencapai 21,3 juta orang atau lebih tinggi dari prediksi awal yang hanya 18,1 juta orang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan Jatim akan menjadi salah satu daerah tujuan mudik, untuk itu pemerintah perlu mengantisipasinya melalui koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Dengan prediksi itu berarti ada tambahan pemudik 3,1 juta orang, ini artinya perlu dlilakukan berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu dan yang harus kita lakukan secara lebih komprehensif lagi," katanya, Senin (10/4/2023)

Dia mengatakan pihaknya telah meninjau kesiapan tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) di ruas tol Probolinggo Timur tepatnya di exit tol Gending. Ruas sejauh 12,5 Km ini rencananya akan difungsikan untuk momen mudik Lebaran guna mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik dengan biaya Rp0,-.

"Insyaallah mulai 16 - 30 April sudah akan difungsikan dengan format bahwa tetap ada pintu ini (gerbang tol) tetap di-tap kartu tol nya dengan biaya nol tarif sampai dengan Probolinggo Timur,” katanya.

Direktur Teknis PT Trans Jawa Pasuruan Probolinggo (paspro) Jalan Tol Heri Supriadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan berbagai macam hal teknis terkait pembangunan 16 April agar siap fungsional jelang mudik lebaran

"Ada beberapa memang nanti akan diaspal jadi kita masih ada sekitar 6 titik yang perlu diaspal yang Insyaallah dalam waktu 2 hari ini akan selesai, termasuk di luar rest area siap per 15 April 2023,” katanya.

Dia melanjutkan, untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di luar rest area sudah beroperasi, tapi yang saat ini sedangkan diupayakan adalah rambu dan marka jalan, dan secara umum konstruksi sudah 100 persen rapung hanya tinggal finishing

“Selain itu, saat ini sedang dilakukan pengaspalan rambu marka dan rumput-rumput untuk penghijauan, serta akan menyediakan ambulans, mobil derek dan fasilitas untuk menambah keamanan dan kenyamanan," imbuhnya. 

Adapun proyek Tol Paspro ini memilki total panjang 43,75 km terdiri 4 seksi. Yaitu Seksi 1 Grati Pasuruan-Tongas sepanjang 13,5 km, Seksi 2 Tongas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 km, Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 km, Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending sepanjang 8,5 km dan Seksi 4B sepanjang 3,8 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper