Pemprov Jatim Gandeng Shopee Kembangkan Ekonomi Pesantren Lewat Santripreneur

Pemprov Jatim menggandeng Shopee Barokah mengembangkan ekonomi daerah berbasis pesantren melalui Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur.
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim (membelakangi lensa) melihat produk UMKM santri pada pengumuman pemenang  Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur di Malang, Jumat (24/3/2023). Istimewa
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim (membelakangi lensa) melihat produk UMKM santri pada pengumuman pemenang  Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur di Malang, Jumat (24/3/2023). Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Pemprov Jatim menggandeng Shopee Barokah, one-stop platform pendukung gaya hidup Islam milik Shopee, berkomitmen mengembangkan ekonomi daerah berbasis pesantren melalui Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyambut baik komitmen Shopee Barokah dalam turut mengembangkan daya saing para santri di Jawa Timur, juga perkembangan ekonomi daerah berbasis pesantren. 

“Kita ingin ekosistem pesantren dan ekonomi pesantren ini akan jadi satu kekuatan kemandirian pesantrennya, kemandirian santrinya, dan kemandirian alumni pesantrennya,” katanya pada pengumuman pemenang  Kompetisi Bisnis Digital Santripreneur di Malang, Jumat (24/3/2023).

Jika kemandirian telah terbangun ditambah ngan managerial skill yang sudah didukung oleh Shopee, kagta dia, maka proses digitalisasi dari sistem ekonomi berbasis pesantren akan ketemu ekosistemnya ketika Shopee Barokah juga melakukan kompetisi bisnis digital sociopreneur, santripreneur, dan pesantrenpreneur.

Kompetisi ini, kata dia,  merupakan rangkaian dari program pelatihan bisnis digital bagi 1.000 santri di sejumlah daerah, yang diharapkan dapat menciptakan santri yang mandiri bersama ekonomi digital. 

Program ini, dia meyakinkan,  juga sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam mengembangkan perekonomian daerah berbasis pesantren, sekaligus menuju Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia dalam ekosistem bisnis digital. 

Para pemenang terpilih berasal dari beberapa Pondok Pesantren di berbagai kota di Jawa Timur dan dihadiahi modal usaha, serta paket Umrah oleh Shopee Barokah. Pemenang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur termasuk Lamongan, Nganjuk, Jombang, dan Tuban. 

Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim, mengapresiasi antusiasme para Santri di Jawa Timur yang mengikuti pelatihan dan kompetisi yang diadakan oleh Shopee Barokah. 

“Shopee Barokah hadir untuk membantu para Santri naik kelas bersama platform digital kami agar mereka dapat mandiri dan terus membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar mereka,” ucapnya.

Pelatihan dan kompetisi ini, kata dia,  juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa timur dalam mengembangkan ekonomi berbasis pesantren. Kami mengucapkan terima kasih untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas sinergi dan kepercayaannya hingga Shopee Barokah bisa turut berkontribusi dalam perkembangan ekonomi syariah di Provinsi Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper