Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesona Pantai Sijile Situbondo Diyakini Pikat Wisatawan

Pantai Sijile punya keindahan dan eksotisme yang tidak ada duanya. Apalagi terdapat tujuh pantai lain yang bersambung yang masih natural dan orginal.
Panorama Pantai Sijile di kawasan Taman Nasional Baluran - Situbondo./Dok, Pemprov Jatim
Panorama Pantai Sijile di kawasan Taman Nasional Baluran - Situbondo./Dok, Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis tingkat kunjungan wisatawan ke Pantai Sijile - Situbondo bakal meningkat setelah pembangunan akses jalan di kawasan tersebut telah rampung.

“Tren wisata saat ini lebih berorientasi pada alam. Kalau sebelumnya Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena ketiadaan infrastruktur yang layak, maka setelah ini peresmian Jalan Merak - Baluran ini, ya harus siap-siap kebanjiran wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” katanya dikutip dalam rilis, Senin (9/1/2023).

Adapun pada 9 Januari 2022, Khofifah telah meresmikan Jalan Merak - Baluran,  Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo yang berada di Kawasan Taman Nasional Baluran. Akses menuju kawasan wisata pantai ini pun memiliki panjang 10 km dan lebar 3 meter, serta bahu jalan 1 meter, dan mampu menahan beban hingga 5 ton.

Peresmian jalan tersebut merupakan tindak lanjut atas Kesepakatan Bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan Bupati Situbondo tentang Pelestarian Fungsi Kawasan Taman Nasional Baluran, yakni melalui Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Konservasi di Zona Khusus Labuhan Merak (Eks HGU PT Gunung Gumitir) pada 3 September 2020.

Menurut Khofifah, Pantai Sijile punya keindahan dan eksotisme yang tidak ada duanya sehingga tidak perlu diragukan mengingat pantai ini masih sangat alami. Apalagi terdapat tujuh pantai lain yang bersambung di Situbondo yang panoramanya masih natural dan orginal.

"Pantai Sijile ini indah sekali, terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya pun masih terjaga dengan baik. Ini menjadi daya tarik yang sangat luar biasa. Arus air laut juga tenang, nyaris tak ada riak dan tak terlalu dalam sangat cocok untuk berenang maupun wisata air lainnya,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, pihaknya bersama Pemkab Situbondo akan terus memberikan dukungan infrastruktur guna meningkatkan aksesibilitas wisata di di Situbondo.

“Pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, harapannya jika sektor pariwisata semakin berkembang maka kesejahteraan masyarakat sekitar pun akan meningkat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper