Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesadaran Pembudayaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perlu Ditingkatkan

Momentum peringatan Bulan K3 Nasional 2023 bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan peningkatan kesadaran akan pentingnya penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan.
Wakil Ketua Dewan K3 Jatim, Edi Priyanto./Ist
Wakil Ketua Dewan K3 Jatim, Edi Priyanto./Ist

Bisnis.com, SURABAYA — Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (DK3) Provinsi Jawa Timur mendorong agar semua pihak untuk mengoptimalkan momentum Bulan K3 2023 sebagai ajang peningkatan kesadaran akan pentingnya penerapan budaya K3.

Wakil Ketua Dewan K3 Jatim, Edi Priyanto mengatakan Bulan K3 Nasional yang diperingati setiap 12 Januari hingga 12 Februari nanti diharapkan bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang mampu menggerakkan pembudayaan K3 kepada masyarakat secara luas.

“Sehingga semua pihak seperti kementerian, lembaga non kementerian, pemda, BUMN/BUMD, lembaga K3, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, asosiasi pengusaha, lembaga pendidikan, perusahaan dan masyarakat diharapkan turut serta dan berpartisipasi aktif menyelenggarakan kegiatan yang bersifat strategis, promotif, dan implementatif terkait dengan pembudayaan K3,” ujarnya, Senin (9/1/2023).

Menurutnya, momentum peringatan Bulan K3 Nasional 2023 ini bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan peningkatan kesadaran akan pentingnya penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan, agar setiap orang semua dapat bekerja dengan aman dan tentram.

“Era globalisasi yang makin berkembang seperti saat ini, menimbulkan banyak tantangan yang membawa perubahan dalam berbagai aspek, sebagai contoh munculnya teknologi, bidang pekerjaan, serta pola kerja baru yang membawa potensi bahaya dan risiko baru. Untuk mencegah dan menguranginya kecelakaan dan penyakit akibat kerja, yaitu dengan penerapan K3,” jelasnya.

Edi menambahkan, pemerintah sendiri telah berupaya untuk membudayakan K3, salah satunya melalui penyelenggaraan Bulan K3 Nasional. K3 menjadi aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan hak dasar dari setiap tenaga kerja sesuai dengan UU No. 1 Tahun 1970. 

Pada 2023 ini Bulan K3 Nasional mengambil tema pokok ‘Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja’. Tema bulan K3 Nasional 2023 ini telah diatur melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No.135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2023.

“Pelaksanaan K3 merupakan tanggung jawab bersama, semua pihak berkewajiban berperan aktif di bidang K3 secara konsisten. Menjadikan K3 sebagai budaya kerja dan objek prioritas agar tercipta pekerjaan yang aman dan layak karena K3 menyangkut keselamatan jiwa dan kesehatan manusia,” imbuh Edi yang pernah mendapat apresiasi dari World Safety Organization (WSO) sebagai Concerned Citizen Award dan Penghargaan Pemerhati K3 Jatim oleh Gubernur Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper