Lima Fakta Utama Rampok Sekap Wali Kota Blitar dan Istri

Polisi sudah melakukan olah tempat kejadian perkara perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar. Tim dari Polda Jatim juga membantu pengusutan kasus tersebut.
Kondisi terkini rumah dinas Wali Kota Blitar, Jawa Timur, yang dirampok Senin (12/12/2022) pagi./Antara-Polres Blitar Kota
Kondisi terkini rumah dinas Wali Kota Blitar, Jawa Timur, yang dirampok Senin (12/12/2022) pagi./Antara-Polres Blitar Kota

Bisnis.com, BLITAR - Aparat Kepolisian Resor Blitar Kota, Jawa Timur, menangani kasus pencurian disertai dengan penyekapan yang menimpa Wali Kota Blitar Santoso dan istri di rumah dinas yang bersangkutan, Senin (12/12/2022) pagi.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan anggota sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Saat ini tim dari Polda Jatim juga membantu pengusutan kasus tersebut.

Adapun menjelang Senin tengah hari, terungkap sejumlah fakta terkait kejadian ini.

Rampok Beraksi Dini Hari

Aksi kejahatan di rumah Wali Kota Blitar Santoso, yang disertai tindakan penyekapan Satpol PP, Wali Kota dan istri terjadi saat dini hari. Perhiasan dan uang tunai senilai Rp400 juta digondol pelaku.

"Kejadian pagi kurang lebih waktu subuh, sekitar jam 3-4 pagi terjadi informasi pencurian dengan kekerasan di rumah dinas bapak Wali Kota Blitar," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono di Blitar.

Rampok Masuk dari Pintu Samping

Aparat kepolisian Polres Blitar dan tim mengumpulkan sejumlah fakta dalam olah tempat kejadian perkara kasus kriminal. Ada dua pelabelan atas kejadian ini, pertama perampokan (tindakan orang mengambil dengan paksa dan kekerasan barang milik orang lain), dan kedua pencurian dengan kekerasan (pencurian yang didahului, disertai, diikuti dengan kekerasan yang akan ditujukan pada orang dengan tujuan untuk mempermudah dalam melakukan aksinya).

AKBP Argowiyono mengatakan pelaku diduga berjumlah 4-5 orang. Mereka lewat pintu samping rumah dinas Wali Kota Blitar dan melakukan pencurian dengan kekerasan.

Wali Kota dan Satpol PP Disekap

Polisi menjelaskan pelaku saat beraksi, menyekap tiga orang anggota Satpol PP Kota Blitar yang berjaga di rumah dinas tersebut. Setelah melumpuhkan para penjaga mereka masuk ke rumah dinas tersebut.

Kemudian, pelaku bertemu dengan Wali Kota Blitar dan juga menyekap Wali Kota Blitar Santoso dan istri di dalam rumah. Mereka mengancam dan meminta ditunjukkan lokasi penyimpanan barang berharga.

Kamera Pengawas Dihancurkan

Pelaku perampokan di rumah Wali Kota Blitar menghancurkan CCTV yang terpasang di dalam rumah dinas. Pelaku membawa kabur uang serta perhiasan milik istri Wali Kota Blitar dengan total nilai sekitar Rp400 juta.

Kapolres mengatakan, kondisi Wali Kota Blitar dan istri saat ini masih trauma dengan kejadian itu. Namun, tidak ada luka serius di tubuh mereka. Hanya luka sedikit saat penyekapan itu terjadi.

Selain itu, kondisi tiga anggota Satpol PP Kota Blitar yang juga sempat disekap saat ini juga baik. Mereka juga sudah dimintai keterangan terkait dengan kejadian pencurian disertai dengan kekerasan itu.

"Kami sampaikan Bapak Wali Kota Blitar dan Ibu baik-baik saja. Tidak ada yang terluka, hanya di sekapan nya itu," ujar dia.

Sementara itu, untuk memudahkan proses penyelidikan di rumah dinas Wali Kota Blitar dipasang garis polisi.

Wali Kota Blitar Sosok Pengajar

Wali Kota Blitar Santoso menjabat sejak 2020, setelah sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Blitar periode 2016-2019. Pria kelahiran 15 Januari 1961 ini juga pernah menjabat sebagai pelaksana tugas Wali Kota Blitar.

Santoso merupakan sosok pemimpin daerah berlatar belakang aparatur sipil negara, berprofesi sebagai guru. Jabatan di lini pendidikan beragam, salah satunya Kepala Dinas Pendidikan pada tahun 2011.

Ia terjun ke politik praktis pada 2015 sebagai calon wakil wali kota mendampingi petahana, Samanhudi Anwar. Setelah Samanhudi terjerat KPK, wakil mengemban sebagai pelaksana, yang selanjutnya maju dalam pilkada 2020 dan terpilih menjadi Wali Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper