KTT G20 di Bali, 12 Pesawat Kenegaraan Parkir di Juanda

Bandara Juanda menyediakan 17 tempat parkir pesawat kepresidenan, penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta dukungan teknis lainnya.
Sejumlah pesawat kenegaraan delegasi KTT G20 terparkir di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Selasa (15/8/2022)./Antara-Umarul Faruq
Sejumlah pesawat kenegaraan delegasi KTT G20 terparkir di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Selasa (15/8/2022)./Antara-Umarul Faruq

Bisnis.com, SIDOARJO - Sebanyak 12 pesawat kenegaraan delegasi KTT G20 diparkir di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo, selama pelaksanaan KTT G20 di Bali berlangsung.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Juanda Yuristo saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa (15/11/2022), menyebutkan belasan pesawat yang terparkir tersebut di empat lokasi berbeda.

"Untuk lokasi pertama, di Apron Terminal I Juanda ada pesawat dari Rusia, Spanyol, Belanda, Senegal, dan Inggris," ujarnya.

Di Apron Lanudal, kata dia, terdapat tiga pesawat milik Amerika Serikat serta di Apron Terminal 2 Juanda terdapat dua pesawat dari Rwanda dan Kanada.

"Di Apron Kargo ditempati parkir pesawat dari Afrika Selatan dan Rwanda," katanya.

Sebagai bandara pendukung event KTT G20 di Bali, kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jafar, pihaknya menyiapkan berbagai bentuk dukungan untuk menyukseskan perhelatan akbar tersebut.

Bentuk dukungan tersebut, kata dia, meliputi dukungan infrastruktur serta operasional bandara, yaitu melalui penyediaan 17 tempat parkir untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan, penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta dukungan teknis lainnya.

Selain pengalokasian lokasi parkir, Sisyani menyampaikan kesiapan lain berupa personel dan fasilitas penunjang yang mencukupi dalam menjamin pelayanan dan keamanan ketika pesawat parkir dalam waktu relatif cukup lama.

"Kami memiliki personel dan fasilitas pemadan kebakaran dengan kategori delapan yang mampu melayani hingga kategori sembilan serta memiliki 919 personel yang siaga, di antaranya sebanyak 767 personel internal dan 152 personel eksternal (Satgaspam Lanudal Juanda). Semua akan kami maksimalkan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan KTT G20," ujarnya.

Pada periode kegiatan KTT G20, kata Sisyani, juga akan terjadi beberapa penyesuaian operasional di Bandar Udara Internasional Juanda, yakni penambahan delapan jam operasional dari jam operasional saat ini selama 16 jam, yakni mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB menjadi 24 jam selama KTT G20 berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper