Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

McEasy Bidik 1 Juta Kendaraan Logistik Terdigitalisasi Sampai 2025

McEasy, startup software-as-a-service bagi operator logistik dan pelacakan kendaraan memproyeksikan hingga 2025 bisa mendigitalisasi sebanyak 1 juta kendaraan
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 07 September 2022  |  16:32 WIB
McEasy Bidik 1 Juta Kendaraan Logistik Terdigitalisasi Sampai 2025
Foto: Co-Founder McEasy, Hendrik Ekowaluyo (kiri) menjelaskan cara kerja aplikasi yang dikembangkan McEasy saat Media Rountable McEasy di Surabaya, Rabu (7/9 - 2022).
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - McEasy, startup software-as-a-service bagi operator logistik dan pelacakan kendaraan memproyeksikan hingga 2025 bisa mendigitalisasi sebanyak 1 juta kendaraan logistik pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Co-Founder McEasy, Hendrik Ekowaluyo mengatakan sejak 2017 McEasy didirikan hingga saat ini sudah mengalami pertumbuhan jumlah pelanggan mencapai 20 kali lipat.

“Dari target 1 juta kendaraan logistik yang terdigitalisasi tersebut hingga kini capaiannya terus on the track, dan harapannya dari bulan ke bulan terus bertumbuh,” katanya dalam Media Roundtable McEasy di Surabaya, Rabu (7/9/2022).

Dia menjelaskan McEasy sendiri merupakan start-up asal Surabaya yang siap mendukung digitalisasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) khususnya di sektor logistik dan transportasi. Salah satu produk unggulannya yakni Transportation Management System (TMS) yakni software terintegrasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau dan mengoptimalkan proses pengiriman barang.

“Solusi berbasis teknologi ini berguna bagi penyedia jasa logistik, termasuk bus penumpang, jasa pengiriman barang hingga kendaraan berpendingin untuk pengiriman komoditi dengan temperatur tertenti seperti barang farmasi, daging, makanan laut, produk susu dan frozen food,” jelasnya.

Menurutnya, lebih dari 85 persen bisnis di sektor logistik dan transportasi nasional masih mengandalkan pena dan Kertas atau spreadsheet manual dalam menjalankan operasionalnya.

“Namun dengan penggunaan TMS McEasy yang terotomasi dan terintegrasi ini telah terbukti mampu menghemat waktu yang digunakan untuk mengurus kegiatan administrasi operasional, bisa melakukan penghematan hingga 60 persen,” jelasnya.

Bagi McEasy, kata Hendrik, Jatim menjadi salah satu provinsi yang menunjukkan potensi pasar yang besar. Data Dinas Kominfo Jatim mencatat, populasi UMKM di Jatim sudah mencapai 9,7 juta UMKM, dan sebanyak 600.000 di antaranya termasuk di usaha kecil menengah.

Adapun McEasy menawarkan layanan digitalisasi kendaraan logistik dan lainnya dengan menggunakan aplikasi TMS mobile yang cukup mudah dapat melakukan proses perencanaan, pemantauan, alokasi, pengiriman order hingga pengecekan uang jalan sopir, status bahan bakar kendaraan. Biaya berlangganan aplikasi yang ditawarkan McEasy yakni mulai Rp80.000/kendaraan/bulan.

“Selain menghadirkan inovasi teknologi bagi penggiat UKM, kami juga berkomitmen untuk memperkuat eksistensi di tengah ekosistem start-up di Surabaya melalui peresmian kantor baru di gedung Sinarmas Land Plaza, Jl. Pemuda Surabaya,” ujarnya.

Cika selaku owner PT Cemerlang Jaya Ekspres yang merupakan pelanggan McEasy mengatakan bahwa sejak menggunakan layanan apliaksi McEasy segala pekerjaannya menjadi lebih efektif dan efisien bahkan mampu melakukan penghematan hingga 50 persen.

Foto: Co-Founder McEasy, Hendrik Ekowaluyo

“Sebelum pakai McEasy, saya mengerjakan order pelanggan masih manual, lewat telepon, Whatsapp lalu baru memasukan ke Excel, bahkan pemantauan kendaraan yang jalan juga dilakukan lewat telepon. Namun, sekarang jadi lebih mudah dan cepat,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan memiliki 20 unit armada logistik, Cika sangat memerlukan teknologi kecepatan. Berbeda jika hanya memiliki 1 - 3 unit armada masih bisa dipantau dan ditangani perorangan secara manual.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya, M. Ali Affandi menilai saat ini yang dibutuhkan bagi dunia usaha adalah sebuah kecepatan dan kemudahan dalam bekerja serta lebih murah agar dunia usaha memiliki daya saing pasar.

“Jadi sesuatu yang efektif dan efisien ini sangat diperlukan pengusaha agar biaya operasionalnya dapat ditekan sehingga punya daya saing bisnis, seperti halnya dengan adanya McEasy yang dapat membantu pengusaha transportasi untuk melakukan penghematan,” ujarnya.

Selain menghadirkan inovasi teknologi bagi penggiat UKM, McEasy juga berkomitmen untuk memperkuat eksistensinya di tengah ekosistem startup di Surabaya lewat peresmian kantor barunya yang terletak di kawasan jalan Pemuda, Surabaya. Kantor pusat McEasy didesain oleh Edelyn Putri dari Studio Pie Interior memiliki desain yang menarik dan kekinian.

“Desain interior kantor McEasy memanfaatkan elemen natural lighting yang menyinari area kerja yang terbuka dan didominasi oleh warna dari brand McEasy, yaitu merah, biru serta abu-abu. Filosofi desain ini tentunya sesuai dengan karakternya sebagai startup logistik yang identik dengan fleksibilitas, produktivitas dan konektivitas,” jelas Edelyn Putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

software umkm
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top