Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pameran Wisata Kota Batu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara tersebut digelar di Balai Kota Among Tani pada 25-27 Agustus 2022.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  22:36 WIB
Pameran Wisata Kota Batu Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Suasana Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022 yang digelar di Balai Kota Among Tani, di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (25/8/2022). - Antara/Humas Pemkot Batu.
Bagikan

Bisnis.com, KOTA BATU - Pemerintah Kota Batu berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui gelaran "Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2022" yang menampilkan berbagai produk kreatif dan potensi wisata di Indonesia.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Kota Batu mengatakan penyelenggaraan pameran itu menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah tersebut.

"Pemerintah terus memberikan dukungan bagi pelaku ekonomi kreatif, agar tetap semangat dan terus meningkatkan kualitas produknya. Karena, jika ini terus dikembangkan dengan baik maka nilai ekonominya luar biasa," kata Dewanti, Kamis (25/8/2022).

Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara tersebut digelar di Balai Kota Among Tani pada 25-27 Agustus 2022 yang diselenggarakan secara luring dan daring dengan menampilkan 75 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air.

Menurut dia, gelaran tersebut diharapkan bisa memperkenalkan produk ekonomi kreatif dan potensi sektor pariwisata dari berbagai wilayah kepada masyarakat luas.

"Diharapkan minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Batu bisa meningkat. Selain itu, dengan adanya kegiatan promosi yang dilakukan secara daring, dapat mendorong pemasaran UMKM secara digital," ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu, pada 2021 perekonomian di wilayah tersebut bergerak positif sebesar 4,04 persen. Pertumbuhan tersebut menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2020, perekonomian di wilayah Kota Batu terhantam pandemi penyakit akibat penyebaran Covid-19, yang saat itu pertumbuhan ekonomi setempat terkoreksi hingga 6,46 persen.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Sidiq menambahkan,seluruh potensi ekonomi kreatif dan pariwisata ditampilkan dalam pameran.

Selain potensi ekonomi kreatif, lanjut dia, juga diperkenalkan berbagai keunggulan Kota Batu lainnya seperti dari sektor kesenian dan kebudayaan.

Selain memamerkan beragam produk pariwisata dan ekonomi kreatif, pameran juga dimeriahkan Festival Kuliner "Food Street Nusantara", gelar seni budaya nusantara dan Fashion on the Street oleh Ekraf Batu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata kota batu jatim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top