Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Guru Tersertifikasi di Surabaya Didorong Semakin Banyak

Dinas Pendidikan Surabaya menyebut ada sebanyak 10.859 orang guru swasta dan negeri dari jenjang TK hingga SMP di Surabaya belum ikut sertifikasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  11:27 WIB
Guru Tersertifikasi di Surabaya Didorong Semakin Banyak
Guru mengajar muridnya di ruang kelas di SMK Negeri 7 Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/8/2021). - Antara/Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA - Wakil Wali Kota Surabaya (Wawali) Kota Surabaya Armuji mendorong guru di Kota Pahlawan, Jawa Timur, yang ikut sertifikasi diperbanyak lagi.

Wawali Armuji di Surabaya, Rabu, mengatakan, sertifikasi terhadap pengajar merupakan hal penting karena menjadi salah satu indikator terhadap kompetensi dan profesionalitas dalam membimbing peserta didik.

"Kalau di prosentase ada 46,87 persen guru dari jenjang TK hingga SMP yang sudah sertifikasi. Saya mendorong agar lebih banyak lagi guru yang mengikuti sertifikasi," kata Armuji.

Menurut dia, Dinas Pendidikan Surabaya menyebut ada sebanyak 10.859 orang guru swasta dan negeri dari jenjang TK hingga SMP di Surabaya belum ikut sertifikasi, sedangkan yang sudah ikut sertifikasi sebanyak 10.692 guru.

Terkait dengan permasalahan perbedaan kualifikasi akademik dan tanggung jawab mengajar yang berbeda, lanjut dia, Pemkot Surabaya sedang melakukan pemetaan agar bisa dilakukan penyesuaian antara bidang kerja, ijazah dengan kebutuhan guru di sekolah sehingga memperbesar peluang mengikuti sertifikasi.

"Pascaditerapkannya kurikulum merdeka, para pengajar dituntut menjadi kreatif, inovatif dan terampil dalam pembelajaran serta semangat melayani peserta didik," kata Armuji.

Selain itu, kata dia, guru juga diharapkan mampu membangun dan mengembangkan hubungan antara guru, sekolah, komunitas yang lebih luas serta menjadi pembelajar sekaligus penggerak perubahan di sekolah.

Armuji juga menjamin, Dinas Pendidikan Surabaya memberikan layanan yang optimal terhadap guru dan tenaga pendidikan untuk mendukung proses sertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya pendidikan sertifikasi guru

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top