Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PDAM Surabaya Mendapat Alokasi Air 750 Liter per Detik dari SPAM Umbulan

Wilayah-wilayah perumahan yang saat ini masih dipasok oleh developer, khususnya yang berada di sekitar jalur pipa SPAM Umbulan, bisa segera menikmati.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Juli 2022  |  13:42 WIB
PDAM Surabaya Mendapat Alokasi Air 750 Liter per Detik dari SPAM Umbulan
Air bersih. - jibi

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya memasok rata-rata 75 juta liter air dari sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, setiap bulan di perumahan elit Citraland.

Dirut PDAM Surabaya Arief Wisnu Cahyono di Surabaya, Sabtu, mengatakan, sampai dengan saat ini PDAM Surya Sembada telah bekerja sama dengan pengelola perumahan Citraland dengan memasok rata-rata 75 juta liter air (setara 30 liter per detik) per bulan.

"Setara sekitar 25 persen dari total kebutuhan seluruh warga Citraland. Adapun air yang dipasok berasal dari SPAM Umbulan," kata dia.

Wisnu berharap, wilayah-wilayah perumahan yang saat ini masih dipasok oleh developer, khususnya yang berada di sekitar jalur pipa SPAM Umbulan, bisa segera menikmati.

Menurut dia, PDAM Surya Sembada mendapatkan kuota SPAM Umbulan 750 liter per detik. Selain untuk memasok sebagian warga perumahan Citraland, juga masuk ke jaringan perpipaan kota Surabaya, bercampur dengan produksi dari unit pengolahan Karangpilang.

Diketahui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan SPAM.

Untuk Provinsi Jawa Timur, telah diselesaikan pembangunan SPAM Umbulan untuk menambah pasokan air bersih perpipaan kepada lima kota/kabupaten yakni di Kota Pasuruan, Kabupaten

Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik. Dengan beroperasinya SPAM Umbulan ini akan memberi manfaat besar bagi 1,6 juta jiwa atau 320.000 Sambungan Rumah (SR) di lima kabupaten/kota.

Sumber air baku SPAM Umbulan berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km dengan total 14 titik reservoir offtake.

Saat ini SPAM Umbulan sudah dapat dimanfaatkan sebesar 900 liter/detik dari total kapasitas sebesar 4.000 liter/detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spam umbulan air bersih surabaya jatim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top