Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Gencarkan Promosi Wisata Olahraga

Jatim memiliki potensi yang besar dalam pengembangan konsep wisata olahraga dari berbagai jenis olahraga.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  13:21 WIB
Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Gencarkan Promosi Wisata Olahraga
Aktivitas olahraga paralayang dalam Porprov Jatim 2022 di Gunung Wayang Lumajang Jatim. Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif khususnya pariwisata untuk turut gencar mempromosikan sport tourism atau wisata olahraga yang ada di berbagai daerah di Jawa Timur.

Dia mengatakan Jatim memiliki potensi yang besar dalam pengembangan konsep wisata olahraga dari berbagai jenis olahraga. Untuk itu, Pemprov Jatim bersama pemda-pemda akan terus berbenah salah satunya percepatan pembangunan Jalur Lingkar Selatan (JLS).

“Semoga Jalur Lingkar Selatan dapat dikebut sehingga akses selatan Lumajang terkoneksi dengan lebih cepat dan lebih mudah, begitu juga tol Probowangi (Probolinggo - Banyuwangi) di percepat sehingga akses ke Lumajang bisa dicapai dari berbagai jalur,”  ujarnya dalam rilis, Selasa (28/6/2022).

Dia mengatakan salah satu wisata olahraga yang cukup potensial untuk dikembangkan yakni wisata paralayang. Beberapa daerah sudah memiliki potensi ini seperti Kota Batu dan juga Gunung Wayang di Lumajang.

Paralayang di Gunung Wayang telah menjadi lokasi pelaksanaan Porprov Jatim VII Tahun 2022. Kawasan paralayang ini berada di ketinggian +/- 950 meter di atas permukaan laut. Dalam gelaran Porprov tersebut juga terdapat 17 Medali yang diperebutkan dalam cabang olahraga paralayang.

“Berharap sport tourism Jatim tidak hanya terkenal di tanah air, namun juga meluas hingga mancanegara, dan bagaimana kita semua sama-sama ikut promote agar datang ke Lumajang. Ini menjadi salah satu destinasi sport tourism yang keren," ujarnya.

Khofifah menambahkan, keindahan alam yang dimiliki kawasan paralayan Gunung Wayang Lumajang ini juga terdapat titik venue olah raga lainnya, seperti sepatu roda dan BMX yang juga sudah berstandar internasional.

"Jadi tinggal membangun akses jejaring supaya event-event internasional bisa ditempatkan di Lumajang," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata wisata jatim khofifah
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top