Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Pabrik Gula PTPN X Memulai Giling Tebu pada Juni 2022

Tahun ini, PTPN X dihadapkan pada tantangan iklim kemarau basah yang berpengaruh pada rendemen tebu, sehingga manajemen berfokus menjaga kestabilan kondisi pabrik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Juni 2022  |  16:25 WIB
Proses giling tebu di salah satu pabrik gula di bawah naungan PTPN X. - Antara
Proses giling tebu di salah satu pabrik gula di bawah naungan PTPN X. - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Lima pabrik gula di bawah naungan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X resmi memulai musim giling tebu pada Juni 2022, setelah empat PG melakukan giling lebih awal.

Direktur PTPN X Tuhu Bangun dalam siaran persnya di Surabaya, Sabtu (18/6/2022), mengatakan lima PG itu masing-masing PG Tjoekir Jombang yang giling pada tanggal 4 Juni, PG Lestari Nganjuk tanggal 9 Juni, PG Meritjan Kediri tanggal 9 Juni, PG Modjopanggoong Tulungagung tanggal 9 Juni dan PG Djombang Baru menjadi yang terakhir giling pada 15 Juni.

Tuhu mengatakan PG Tjoekir menargetkan giling tebu sejumlah 373.023 ton dan produksi gula total sebesar 29.420 ton, lalu PG Lestari menargetkan giling tebu sejumlah 297.339 ton dan produksi gula total sebesar 22.863 ton.

Kemudian, PG Meritjan Kediri menargetkan giling tebu sejumlah 181.841 ton dan produksi gula total sebesar 14.120 ton, PG Modjopanggoong menargetkan giling tebu sejumlah 375.000 ton dan produksi gula total sebesar 31.557 ton, dan PG Djombang Baru menargetkan giling tebu sejumlah 180.022 ton dan produksi gula total sebesar 13.560 ton.

Tuhu mengakui berbagai upaya dilakukan oleh PTPN X, baik pada sisi on farm maupun off farm, untuk dapat mencapai target produksi di masing-masing PG.

"Tahun ini, PTPN X dihadapkan pada tantangan iklim kemarau basah yang berpengaruh pada rendemen tebu, sehingga manajemen berfokus menjaga kestabilan kondisi pabrik (off farm) dengan cara menekan jam berhenti dan angka losses gula," katanya.

Sedangkan di sisi on farm, kata Tuhu, PTPN X selalu berkomitmen untuk memenuhi sarana produksi kepada petani secara tepat waktu, misalnya pemenuhan pupuk.

"Pemenuhan pupuk kepada petani tersebut, kini difasilitasi melalui Program Makmur, yang merupakan sinergi BUMN dengan Petrokimia Gresik," katanya.

Tuhu mengatakan lima PG yang giling pada Juni 2022 ini sudah sesuai dengan jadwal yang ditargetkan. Hal tersebut mengacu pada kesiapan on farm dan off farm di masing-masing pabrik gula.

Lima pabrik yang giling pada Juni juga diyakini akan mampu menunjang performa giling PTPN X secara keseluruhan. Sehingga manajemen optimis target 2022 bisa dicapai di masing-masing PG.

Sebelumnya, empat PG yang telah giling yakni PG Gempolkrep Mojokerto, PG Kremboong Sidoarjo, PG Ngadiredjo dan PG Pesantren Baru Kediri.

“Alhamdulillah, empat PG yang giling pada Mei lalu berjalan lancar dan ajeg. Monitoring dan evaluasi kami lakukan berkala, sehingga setiap kendala dapat bisa segera teratasi tanpa mengganggu jalannya proses giling," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ptpn x tebu pabrik gula musim giling tebu

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top