Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi Listrik Jatim Pulih, Ekonomi Bangkit

Konsumsi listrik di Jatim tumbuh 4,2 persen pada Ramadan 2022,
Ilustrasi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, mencatat konsumsi listrik di wilayah setempat tumbuh 4,2 persen pada Ramadan 2022, dengan beban puncak tertinggi terjadi pada Rabu (13/4), yakni 6.088 MW.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, di Surabaya, Kamis (21/4/2022) mengatakan pertumbuhan itu merupakan total dari rata-rata pertumbuhan sektor listrik lainnya, seperti sektor pelanggan tarif sosial yang tumbuh 15,79 persen, sektor bisnis naik 9 persen, dan sektor Industri naik 6,4 persen.

"Untuk beban puncak 6.088 MW itu naik sebesar 6,43 persen dibanding tahun 2021," kata Lasiran.

Meski naik, ia memastikan pasokan listrik masih aman dengan daya mampu sebesar 9.206 MW.

Lasiran menyebut kenaikan konsumsi listrik ini menandakan aktivitas masyarakat sudah pulih, dan Jatim bangkit.

Oleh karena itu, PLN memastikan akan terus memberikan layanan listrik terbaik untuk mendukung kegiatan masyarakat terutama pada Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1443 H.

Di sisi lain, mengimbangi kenaikan konsumsi listrik, PLN akan terus menggencarkan penggunaan energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon melalui gaya hidup baru yaitu electrifying lifestyle lewat penggunaan peralatan elektronik yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

"Untuk mendorong minat dan atensi masyarakat beralih ke energi bersih, PLN juga telah menjalankan sejumlah program yang meringankan pelanggan seperti diskon biaya tambah daya listrik dan kemudahan layanan pasang baru jika memiliki kendaraan listrik ataupun kompor induksi," tuturnya.

PLN juga memberikan promo ramadhan berkah yakni diskon tambah daya listrik hanya senilai Rp150 ribu, bagi rumah ibadah dengan pilihan kenaikan daya dari 2.200 hingga 11.000 VA.

"Tercatat, hingga 12 April sebanyak 798 pelanggan di Jawa Timur telah memanfaatkan program ini. Promo berlangsung mulai dari 29 Maret hingga 31 Mei 2022," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper