Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaga Stabilitas Harga pada Ramadan, Bulog Malang Menyalurkan 100 Ton Beras

Harga komoditas pangan yang dijual Bulog selama pasar murah lebih rendah daripada harga pasar.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 21 April 2022  |  19:54 WIB
Pasar murah di Diskopindag Kota Malang, Kamis (21/4/2022). - Istimewa
Pasar murah di Diskopindag Kota Malang, Kamis (21/4/2022). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Bulog Malang menggelontorkan beras 100 ton, gula 60 ton, dan minyak goreng 60.000 liter selama Ramadan agar stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan pokok tersebut bisa terjaga, tidak volatile saat permintaan naik.

Wakil Pemimpin Bulog Malang, Efrat Chandra Laksana, mengatakan selama Ramadan, Bulog Malang berpartisipasi dan mendukung dalam kegiatan pasar murah yang diadakan oleh Pemkot/Pemkab maupun Pemprov, seperti Pemkot Malang (Diskopindag) yang digelar 19-22 April dan Pemkot Batu (Diskopindag) pada 20-24 April.

“Kami juga mendukung kegiatan pasar murah yang digelar Pemprov Jatim di Kantor Bakorwil Malang pada 22-23 April,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Harga komoditas pangan yang dijual Bulog selama pasar murah lebih rendah daripada harga pasar. Seperti beras premium di Kota Batu pada Rabu (20/4/2022) mencapai Rp10.500/kg, namun Bulog hanya menjual Rp10.000/kg, harga pasar minyak goreng Rp26.500/liter dijual Rp24.000/liter, dan gula Rp13.875/kg, dijual Rp13.500/kg. Harga pasar bahan kebutuhan makanan mengacu laporan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) di Jatim.

“Kami perlu melakukan promosi kepada masyarakat terkait peran Bulog dalam menyediakan bahan-bahan makanan berkualitas dengan harga kompetitif untuk menjaga stabilitas harga dan agar Produk Bulog dapat lebih dikenal masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itulah, pada kegiatan Pasar Murah di Batu khusus Sabtu (23/4/2022), kata dia, Bulog melalui Rumah Pangan Kita Tristhant akan menjual paket sembako seharga Rp50.000 yang berisi beras 2 kg, gula 1 kg, dan minyak goreng 1 liter. Normalnya Rp60.000/paket.

Promo lain, pada pasar murah yang diadakan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang, pada 19-22 April. Paket sembako yang seharusnya senilai Rp75.000 dengan isi beras 3 kg, gula 1 kg, dan minyak goreng 1 liter, namun dijual dengan harga Rp69.000/paket.

Lewat dukungan pada kegiatan pasar murah itu, kata dia, maka Bulog Malang berharap dapat menjaga stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan merangkak naik bersamaan dengan Ramadan dan menjelang Lebaran.

Kehadiran Bulog di pasar murah diharapkan dapat memberikan efek psikologis pada masyarakat bahwa bahan-bahan kebutuhan pokok sebenarnya jumlahnya banyak dan harganya stabil sehingga masyarakat bisa tenang.

“Lewat kegiatan seperti itu, maka diharapkan masyarakat bisa tenang menjalankan ibadah Ramadan dan menyongsong Lebaran. Bahan kebutuhan pokok yang berkualitas baik dengan harga terjangkau masih banyak dijual di pasar, terutama di pasar murah,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, Bulog Malang juga melayani pembelian beras, gula, dan minyak goreng oleh RPK, Perorangan, BUMN, Swasta dan instansi untuk keperluan Paket Ramadan maupun CSR

Ada sekitar 20.000 paket yang berisi beras, minyak goreng, dan gula yang dipasok Bulog Malang kepada RPK, perorangan, BUMN, swasta dan instansi untuk Paket Ramadan.

"Bagi masyarakat, BUMN, swasta yang ingin melakukan pemesanan paket Ramadan di Bulog dapat menghubungi contact center kami : 0812-3436-6100, terdapat beras 3kg, gula dan lainnya," ujar dia.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top