Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emil Dardak Minta Pelaku Wisata Jatim Sambut Momen Mudik Lebaran

Pelaku wisata di Jawa Timur mulai bersiap untuk menyambut pemudik Lebaran 2022.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 08 April 2022  |  07:51 WIB
Emil Dardak - Antara/Didik Suhartono
Emil Dardak - Antara/Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong para pelaku pariwisata untuk mempersiapkan diri menyambut momen mudik Lebaran yang berpotensi mendatangkan wisatawan.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan pemerintah telah memberikan kelonggaran terhadap pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan memperbolehkan masyarakat melakukan mudik.

“Kita tahu, waktu untuk mudik itu cukup panjang, ini menjadi kesempatan yang baik bagi lokasi wisata untuk memperoleh perputaran ekonomi yang baik, dan jangan sampai kemudian lepas kendali dalam hal risiko penyebaran Covid-19,” katanya, dikutip Jumat(7/4/2022).

Dia mengatakan Pemprov Jatim sendiri akan menyiapkan posko mudik yang berkolaborasi dengan Polda Jatim terutama untuk melakukan check point. Hanya saja, check point tersebut bukan berarti dilakukan penyekatan seluruhnya.

“Mudik kali ini kan ada kewajiban booster. Kemudian informasi yang kita dapat dari Polda misalnya adalah melakukan cek poin. Tidak semuanya disekat tetapi sampling, tujuannya memastikan bahwa sudah terpenuhi persyaratan seperti booster dan sebagainya untuk mereka yang hendak berpergian untuk mudik,” jelasnya.

Emil juga memastikan bahwa untuk tahun ini Pemprov Jatim juga belum bisa menggelar kegiatan mudik gratis seperti yang pernah dilakukan sebelum pandemi.

“Kita sadar mudik tidak lagi dilarang, tetapi saat merancang anggaran tahun lalu kita tidak mengetahui apakah tahun ini kondisi Covid-19 masih memungkinkan atau tidak. Sehingga tentunya program mudik gratis masih belum dimasukkan dalam anggaran APBD kita,” katanya.

Namun begitu, tambahnya, lembaga/intansi swasta lainnya masih dimungkinkan untuk berpartisipasi menggelar mudik gratis dengan skala yang tidak masif seperti sebelum pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur Emil Dardak Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top