Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Properti Surabaya Diprediksi Kembali Booming Tahun Ini

Permintaan pasar properti di segmen primary atau proyek baru telah menunjukkan peningkatan terutama untuk harga rumah rata-rata di bawah Rp1 miliar.
CEO Galaxy Kennard Nugraha saat acara Annual Awarding Night bertajuk Galaxy 4.0 di Surabaya./Dok. Galaxy
CEO Galaxy Kennard Nugraha saat acara Annual Awarding Night bertajuk Galaxy 4.0 di Surabaya./Dok. Galaxy

Bisnis.com, SURABAYA - Kondisi pasar properti tahun ini diprediksi bakal kembali booming terutama di pasar primary yang memiliki performa yang baik.

CEO Galaxy Kennard Nugraha menyebut permintaan pasar properti di segmen primary atau proyek baru telah menunjukkan peningkatan terutama untuk harga rumah rata-rata di bawah Rp1 miliar.

“Kami melihat banyak unit rumah milik developer yang terjual di harga rata-rata di bawah Rp1 miliar, bahkan sampai Maret ini launching unit rumah baru dari developer terus digelar,” katanya, Kamis (31/3/2022).

Dia mengatakan sejauh ini, rata-rata rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti 6x12 meter, dengan desain yang compact dan mengikuti tren interior terbaru menjadi incaran para konsumen.

“Proyek-proyek baru ini sekaligus menunjukkan bahwa potensi pasar terus bertumbuh,” katanya.

Kennard mengatakan meskipun bukan tahun yang mudah, tetapi Galaxy mampu melewatinya dengan menunjukkan angka penjualan tertinggi sehingga pihaknya semakin optimistis pasar kembali booming.

Meskipun tidak sebaik pasar primary, kata Kennard, pasar properti secondary atau rumah bekas juga masih menunjukkan peminat. Hal ini disebabkan oleh harga properti secondary di sepanjang pandemi yang mengalami koreksi pasar.

“Ini seiring dengan fenomena pelaku bisnis banyak yang melepas aset untuk menutup bisnisnya yang merugi,” katanya.

Dia menyebutkan, penjualan Galaxy sebagai broker properti juga mencatatkan penjualan rumah secondary yang mengalami kenaikan 3 kali lipat. Dari penjualan itu sebanyak 60 persen pembelinya merupakan kelompok investor.

“Rata-rata konsumen melakukan transaksi pembelian properti menggunakan fasilitas KPR baik untuk pembelian unit primary maupun secondary,” katanya.

Kennard menambahkan, untuk mengapresiasi keberhasilan penjualan para konsultan properti Galaxy, pihaknya telah menggelar Annual Awarding Night bertajuk Galaxy 4.0.

Dalam event ini ada 200 Top Property Consultant seluruh Indonesia yang menerima penghargaan di Surabaya,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kinerja penjualan dan menyambut booming properti 2022, tambahnya, Galaxy telah menambah 4 kantor baru sehingga saat ini memiliki 31 kantor yang telah tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Jakarta, Malang dan Bali.

“Selain itu, kami terus berupaya untuk meningkatkan ilmu penjualan properti melalui digital sosial media kepada para konsultan properti dengan harapan melek digital tetapi juga tidak meninggalkan cara konvensional,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper