Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Sembako di Tuban Naik, Pemkab Rencanakan Operasi Pasar

Masyarakat diminta tidak melakukan pembelian karena panik.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 08 Maret 2022  |  13:48 WIB
Kebutuhan pokok di pasar tradisional. - Ilustrasi/Bisnis
Kebutuhan pokok di pasar tradisional. - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, TUBAN - Harga sejumlah bahan pokok di Tuban, Jawa Timur, dilaporkan merangkak naik.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Tuban Agus Wijaya mengatakan kenaikan harga terjadi untuk komoditas telur, daging, serta cabai.

"Harga telur kemarin Rp21.000, hari ini mencapai Rp24.000. Harga cabai ada sedikit kenaikan dari Rp54.000 menjadi Rp57.000 per kilogram," terang Agus seusai berkunjung ke Pasar Baru Tuban, Senin (7/3/2022).

Sedangkan untuk harga daging sapi, ujar Agus, memang bervariasi. Paling rendah mencapai Rp110.000 dan kualitas terbaik Rp130.000.

Agus mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembelian karena panik. “Gunakan secukupnya, tidak usah takut besok kehabisan ini, kehabisan itu," jelasnya dilansir Pemkab Tuban.

Sementara untuk mengantisipasi pasokan kebutuhan menjelang Ramadan, Pemkab Tuban mengajukan permintaan minyak goreng 42.000 liter ke distributor. Sedianya minyak tersebut bakal digunakan dalam operasi pasar di 20 kecamatan.

Adapun pada Februari 2022, Pemkab telah menggelar dua kali operasi pasar minyak goreng. Setidaknya jumlah distribusi mencapai 178.743 liter untuk menyuplai pasar tradisional dan kios atau toko kelontong.

Sementara itu, untuk operasi pasar khusus pelaku usaha, Agus mengatakan telah disediakan minyak goreng hingga mencapai 6.000 liter. “Setiap pelaku usaha mendapat 18 liter,” katanya.

Adapun, untuk masyarakat umum, operasi pasar hingga tahap kedua telah tersalurkan 8.000 liter. Rinciannya 2.000 liter saat operasi pertama, dan operasi pasar kedua mencapai 6.000 liter.

Soal persediaan, Agus mengatakan jika persediaan minyak goreng di Kabupaten Tuban saat ini masih cukup, meskipun dengan harga bervariasi, khususnya di toko kelontong atau pasar. “Harga masih berkisar antara Rp17.000 hingga Rp21.000,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim minyak goreng tuban sembako

Sumber : Pemkab Tuban

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top