Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susi Air Resmi Terbangi Banyuwangi-Sumenep

Hadirnya penerbangan ini semakin mempermudah transportasi masyarakat dari dan ke Madura, serta membuka peluang bisnis.
Penerbangan perdana Maskapai Susi Air rute Banyuwangi - Sumenep (PP), Selasa (11/1/2022)./Antara-Humas Pemkab Banyuwangi.
Penerbangan perdana Maskapai Susi Air rute Banyuwangi - Sumenep (PP), Selasa (11/1/2022)./Antara-Humas Pemkab Banyuwangi.

Bisnis.com, BANYUWANGI - Rute penerbangan Banyuwangi - Sumenep, Madura (PP) resmi dioperasionalkan dengan ditandai penerbangan perdana maskapai Susi Air dari Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo Sumenep menuju Bandara Banyuwangi, Selasa (11/1/2022).

Penerbangan perdana itu menggunakan pesawat Cessna C208B Grand Caravan. Turut dalam penerbangan perdana itu Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, Kepala UPBU Trunojoyo Moh. Arqodri Arman, serta jajaran Forkopimda Sumenep.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah menyambut baik penerbangan perintis rute Banyuwangi - Sumenep oleh Maskapai Susi Air. Setelah melalui proses panjang, pihaknya bersyukur akhirnya cita-cita Pemkab Banyuwangi untuk memperluas aksesbilitas dengan Pemkab Sumenep bisa terwujud.

"Hadirnya penerbangan ini semakin mempermudah transportasi masyarakat dari dan ke Madura, serta membuka peluang bisnis yang lebih luas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di dua daerah," katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah. Menurut dia, banyak warga Sumenep yang berdomisili dan berbisnis di Banyuwangi, sehingga penerbangan ini akan berdampak besar pada peningkatan ekonomi warganya.

"Kami berharap hadirnya rute ini juga bisa berdampak pada kunjungan wisatawan. Kam bisa kolaborasikan kegiatan wisata. Misalnya, wisata makan duren di Banyuwangi, atau makan srikaya di Sumenep. Dengan jarak tempuh yang semakin pendek, kami optimis ini bisa kita wujudkan," tuturnya.

Kepala UPBU Trunojoyo, Moh Arqodri Arman mengatakan rute ini dibuka sebagai solusi atas permasalahan waktu tempuh perjalanan darat dari Banyuwangi menuju Madura yang memakan waktu lebih dari sepuluh jam.

"Dengan penerbangan ini, Banyuwangi - Sumenep hanya butuh waktu 45 menit, sehingga lebih efektif. Harga tiket untuk rute ini cukup terjangkau. Rute dari Sumenep ke Banyuwangi hanya Rp245.000, sebaliknya tarif dari Banyuwangi ke Sumenep sebesar Rp299.000," katanya.

Jadwal penerbangan beroperasi dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Rabu, dengan waktu tempuh 45 menit.

Untuk hari Selasa, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 12:20 WIB, dan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 13:05 WIB. Sementara dari Banyuwangi, pesawat bertolak pukul 13:15 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 14:00 WIB.

Pada hari Rabu, pesawat berangkat dari Sumenep pukul 10:40 WIB, dan tiba di Banyuwangi pukul 11:25 WIB. Sebaliknya, dari Banyuwangi pesawat berangkat pukul 11:35 WIB, dan tiba di Sumenep pukul 12:20 WIB.

Saat ini di Bandara Banyuwangi, juga melayani penerbangan Jakarta - Banyuwangi setiap hari, juga rute Surabaya-Banyuwangi yang beroperasi tiga kali dalam sepekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler