Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Khofifah Pastikan Pasokan & Harga Bahan Pokok Aman saat Nataru

Setidaknya ada 25 pasar di Jawa Timur yang menjadi titik pantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS), salah satunya seperti Pasar Tambakrejo Surabaya.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  19:33 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) mendengarkan informasi terkini yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) di Kantor Kecatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu, 5 Desember 2021 / Dok. BNPB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) mendengarkan informasi terkini yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) di Kantor Kecatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu, 5 Desember 2021 / Dok. BNPB

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah memastikan pasokan dan harga bahan pokok makanan di sejumlah pasar tradisional masih cukup aman untuk memenuhi kebutuhan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dia mengatakan setidaknya ada 25 pasar di Jawa Timur yang menjadi titik pantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS), salah satunya seperti Pasar Tambakrejo Surabaya.

“Maka saya melakukan peninjauan cek harga, cek suplai, cek pemenuhan kebutuhan dasar atau sembako masyarakat. Jika melihat stok beras, daging, telur, minyak goreng dan gula, maka pada masa Nataru ini cukup aman,” jelasnya dalam rilis, Jumat (24/12/2021).

Meski begitu, katanya, memang masih ada harga bahan pokok yang mengalami kenaikan harga seperti cabai rawit yang harganya mencapai Rp85.000/kg akibat kendala produksi karena musim hujan, serta harga minyak goreng.

“Sementara sejak dua bulan ini harga minyak goreng mengalami kenaikan harga, seperti  Bimoli spesial Rp19.000/liter, Bimoli spesial Rp38.000/2 liter, dan minyak tanpa merk/curah Rp19.000/liter,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk daging ayam dan daging sapi relatif tidak ada kenaikan. Namun untuk daging sapi kualitas premium mengalami kenaikan harga sekitar Rp2.000/kg.

Berdasarkan data Disperindag Jatim, harga daging sapi berbagai varian harganya juga dalam posisi stabil. daging sapi grade atas Rp125.000, daging sapi grade sedang Rp120.000, daging sapi grade bawah Rp.90.000. Sementara untuk harga daging ayam broiler Rp34.000, daging ayam kampung (tanpa jeroan)/ekor Rp50.000. 

“Kembali saya sampaikan bahwa stok bahan pangan pada masa Nataru ini sangat  aman, jadi masyarakat saya minta untuk tidak melakukan aksi borong,” imbuh Khofifah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur sembako khofifah indar parawansa Natal dan Tahun Baru
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top