Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ribuan Hektare Pertanaman Kopi Terdampak Bencana Semeru

Jenis tanaman yang mengalami kerusakan paling luas adalah kopi dengan total 1.489,30 hektare.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Desember 2021  |  21:15 WIB
Ribuan Hektare Pertanaman Kopi Terdampak Bencana Semeru
Warga mengamankan barang berharga miliknya dari rumahnya yang rusak akibat diterjang material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). - Antara/Zabur Karuru
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Luas lahan Perum Perhutani Wilayah Kawasan Hutan sekitar Gunung Semeru KPH Probolinggo, Jawa Timur, yang terdampak bencana awan panas guguran mencapai 5.354,80 hektare, yang terbagi menjadi dua bagian, yakni terdampak parah dan sedang.

Sekretaris Divisi Regional Perhutani Jawa Timur Dandit Pudyantoro dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (8/12/2021), mengatakan untuk lahan terdampak parah mencapai 1.999,80 hektare dengan jenis tanaman adalah kopi, rimba campur serta pinus.

Sedangkan untuk lahan terdampak sedang mencapai luasan 3.355.00 hektare, dengan jenis tanaman seperti jati, JPP, pinus, sengon, mahoni, rimba campur, bambu, rekisi, kopi, serta cengkih.

Ia mengatakan dari beberapa jenis tanaman yang mengalami kerusakan paling luas adalah kopi dengan total 1.489,30 hektare, sedangkan yang mengalami kerusakan dengan luasan kecil adalah jenis tanaman rekisi mencapai 690 hektare.

Dalam perkembangan berbeda, lahan pertanian seluas 20 hektare di Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, rusak terkena material vulkanik.

Kepala Desa Supiturang Nurul Yaqin Pribadi di Kabupaten Lumajang, Rabu, mengatakan bahwa dari total luas lahan pertanian 57 hektare di wilayah tersebut, 20 hektare lahan hancur akibat diterjang awan panas guguran dan material vulkanik Gunung Semeru.

"Total areal persawahan seluas 57 hektare, yang terdampak 20 hektare atau hampir separuhnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim perhutani jawa timur lumajang Gunung Semeru

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top