Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geliat Bromo Selepas Pembukaan Kembali Pintu bagi Wisatawan

Untuk jumlah kunjungan wisatawan ada sebanyak 518 orang, itu selama tiga hari mulai 5-7 November 2021.
Panorama Bromo. /bromotenggersemeru.org
Panorama Bromo. /bromotenggersemeru.org

Bisnis.com, MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mencatat sebanyak 518 orang wisatawan berkunjung ke kawasan taman nasional tersebut usai dibuka pada 4 November 2021.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat di Kota Malang, Selasa (9/11/2021), mengatakan bahwa jumlah wisatawan sebanyak 518 orang tersebut berkunjung ke kawasan Gunung Bromo pada 5-7 November 2021.

"Untuk jumlah kunjungan wisatawan ada sebanyak 518 orang, itu selama tiga hari mulai 5-7 November 2021," kata Sarif.

Dari total 518 kunjungan wisatawan tersebut, ada dua orang wisatawan mancanegara yang berwisata ke kawasan taman nasional. Diperkirakan, wisatawan tersebut telah menetap di Indonesia selama beberapa waktu.

"Dua di antaranya wisatawan asing. Kemungkinan wisatawan asing itu mereka yang sudah tinggal di Indonesia, tapi masih memiliki paspor luar negeri. Untuk direct, kami masih mengikuti kebijakan pemerintah pusat," katanya.

Sarif menjelaskan, saat ini kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru baru dibuka pada pintu masuk Kabupaten Malang. Selain itu, hanya satu titik wisata yang dioperasikan yakni Bukit Savana Teletubbies dengan kapasitas maksimal 287 orang.

Menurutnya, dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 518 orang tersebut, maka masih berada di bawah kuota harian yang ditetapkan. Bukit Savana Teletubbies, dibuka untuk wisatawan mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

"Kuota belum sampai penuh, kemungkinan karena Bromo baru saja dibuka. Selain itu, baru ada satu site poin yang dibuka," ujarnya.

Ia menambahkan pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru baru dibuka dari wilayah Kabupaten Malang, karena wilayah tersebut sudah ditetapkan untuk menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2.

"Baru dibuka pintu masuk dari Kabupaten Malang, sesuai dengan level, yakni level 2 PPKM," kata Sarif.

Sebagai informasi, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Tiga kawasan lainnya, masih menerapkan PPKM level 3.

Pembukaan pintu masuk lainnya ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut, disesuaikan dengan level PPKM, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri). Pintu masuk akan dibuka pada saat wilayah tersebut berada pada level 2 PPKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler