Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Level 3, Jatim Bisa Mulai Sekolah Tatap Muka Asalkan Sudah Vaksin

Sementara vaksinasi siswa atau pelajar masih sangat rendah dan berbeda antar kota/kabupaten antara 5 - 15 persen.
Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal untuk pelajar /Antara
Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal untuk pelajar /Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong kota/kabupaten untuk mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas seiring dengan turunnya level PPKM di sejumlah daerah di Jatim menjadi PPKM level 3.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi mengatakan pelaksanaan PTM untuk daerah yang masuk dalam PPKM Level 1, 2 dan 3 ini tentunya ada syarat yang harus dipenuhi yakni wajib vaksinasi minimal dosis 1 bagi seluruh warga sekolah mulai dari guru, tenaga pendidik dan siswa.

“Jadi daerah yang melakukan PPKM level 1, 2 dan 3 diperkenankan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas, tentu ada perbedaan antara level 1, 2 dan 3 yang dilakukan dalam SOP dan itu sudah kita siapkan,” katanya, Selasa (24/8/2021).

Dia mengatakan saat ini memang vaksinasi untuk para guru dan tenaga pendidik di Jatim sudah mencapai di atas 80 persen. Sementara vaksinasi siswa atau pelajar masih lah sangat rendah dan berbeda antar kota/kabupaten antara 5  - 15 persen.

Adapun jumlah siswa SMA/SMK di Jatim mencapai 1,3 juta siswa. Dari jumlah tersebut yang sudah menjalani vaksinasi baru mencapai 70.000 an siswa atau setara dengan 5,3 persen dari target.

“Yang divaksin cukup banyak adalah guru dan tenaga pendidik, sedangkan siswa relatif kecil. Untuk itu, kami menyampaikan agar Jatim dikirimi vasksin Sinovac yang sesuai dengan usia pelajar SMA/SMK mengingat vaksin ini jadi prioritas sehingga tatap muka bisa dilakukan,” imbuhnya.

Wahid menambahkan, Dinas Pendidikan Jatim pun kerap melakukan koordinasi dengan sekolah untuk kesiapan PTM terutama terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan.

“Sarana dan prasarana untuk prokes itu sudah siap, hanya menunggu vaksinasi siswa dioptimakan, dan kami terus mendorong agar cakupan vaksinasi untuk siswa ditambah,” imbuhnya.

Adapun sejumlah daerah di Jatim yang kini sudah bertatus PPKM Level 3 di antaranya adalah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto kota maupun kabupaten, Lamongan, Bangkalan, Sumenep, Pasuruan kota dan kabupaten, Kabupaten Probolinggo, Tuban, Jember, Bojonegoro, Situbondo, Bondowoso, Nganjuk, dan Pacitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper