Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres RI Dukung Konversi Bank Nagari Jadi Perbankan Syariah

Wapres menilai memang sudah semestinya Sumbar memiliki perbankan syariah. Karena memiliki falsafah dan komponen Tungku Tigo Sajarangan.
Bank Nagari.
Bank Nagari.

Bisnis.com, PADANG - Dukungan konversi PT Bank Pembangunan Daerah atau Bank Nagari menjadi perbankan syariah terus mengalir. Kali dukungan terbesar datang dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Melalui Konferensi Video, Wapres menilai rencana konversi Bank Nagari dari sistem konvensional menjadi syariah sejalan dengan rencana strategis pemerintah pusat.

"Rencana strategis nasional saat ini bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah di bidang keuangan, industri dan keuangan non bank," katanya dalam Konferensi Video bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Rabu (23/6/2021).

Ma'ruf menyebutkan saat ini Aceh dan NTB sudah melakukan konversi, ke sistem syariah. Sedangkan untuk saat ini yang akan segera menyusul Provinsi Riau dan Sumbar.

Berbicara untuk di Sumbar, Wapres menilai memang sudah semestinya Sumbar memiliki perbankan syariah. Karena memiliki falsafah dan komponen Tungku Tigo Sajarangan.

Menurutnya momentum saat ini sangat tepat untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan dukungan DPRD Provinsi, Bupati dan Wali Kota.

Diyakini komunitas hijrah dan milenial akan menjadi salah satu potensi besar untuk mengembangkan bank.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan meminta arahan lebih lanjut dari Wapres terkait persiapan konversi Bank Nagari ke sistem syariah sesuai kesepakatan RUPS 2019 lalu.

Mahyeldi berharap wapres bisa memberikan pencerahan pada Bupati, Wali Kota dan tokoh Sumbar lainnya sehingga proses konversi bisa berjalan dengan baik.

Dia menyebutkan karena pandemi Covid-19, sejumlah Bupati dan Wali Kota khawatir akan potensi penurunan dividen serta penarikan dana dari Bank Nagari.

Mahyeldi selaku Gubernur sudah melakukan langkah penguatan persiapan di antaranya menjalin komunikasi dengan deposan dan direktur BSI.

Dengan demikian, dia optimistis bisa mendorong korporat untuk tetap meletakkan dana di Bank Nagari.

"Kita akan tingkatkan mutu dan pelayanan, termasuk keuntungan bagi hasilnya sehingga nasabah tetap semangat menabung di Bank Nagari Syariah," katanya.

Sehingga dengan segala persiapan matang itu diharapkan bisa menjawab kekhawatiran Bupati dan Wali Kota dan tokoh-tokoh di Sumbar tersebut sehingga proses konversi bisa berjalan lancar. (k56).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler