Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produk Makanan & Obat Ilegal Senilai Rp2 Miliar di Surabaya Dimusnahkan

Kepala BBPOM Surabaya Rustyawati mengatakan BPOM Surabaya secara rutin memang melakukan pengawasan obat dan makanan yang beredar di masyarakat dan masih menemukan produk ilegal beredar di pasaran.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 27 Mei 2021  |  14:54 WIB
Proses pemusnahan produk obat dan makanan ilegal hasil pengawasan BBPOM di Surabaya, Jawa Timur.  - Istimewa
Proses pemusnahan produk obat dan makanan ilegal hasil pengawasan BBPOM di Surabaya, Jawa Timur. - Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya memusnahkan ratusan ribu produk makanan, obat dan kosmetik ilegal senilai Rp2 miliar yang merupakan hasil barang bukti pengawasan.

Kepala BBPOM Surabaya Rustyawati mengatakan BPOM Surabaya secara rutin memang melakukan pengawasan obat dan makanan yang beredar di masyarakat dan masih menemukan produk ilegal beredar di pasaran.

“Produk ilegal ini sangat berisiko dan membahayakan bagi kesehatan, apalagi kelompok masyarakat dengan penyakit yang butuh pengobatan, termasuk anak-anak, sehingga bila ditemukan akan ditarik dari pasaran,” jelasnya, Kamis (27/5/2021).

Dia memaparkan produk makanan dan obat yang akan dimusnahkan di kawasan Kabupaten Malang tersebut tercatat ada 597 item atau 260.885 pcs. Secara rinci, makanan dan obat ilegal tersebut terdiri dari 121 item atau 117.227 pcs obat tradisional ilegal setara Rp192,9 juta, serta sebanyak 378 item atau 117.451 pcs kosmetik ilegal senilai Rp1,77 miliar.

Sedangkan, sisanya merupakan produk makanan sebanyak 94 item atau 24.745 pcs atau setara Rp73,16 juta, serta 4 item obat keras atau sebanyak 1.462 pcs senilai Rp19,31 juta.

Rustyawati mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam membeli produk makanan, obat maupun kosmetik, apalagi tergiur dengan barang murah. Masyarakat diharapkan melakukan pengecekan izin BPOM sebelum mengkonsumsinya.

“Jadi mohon pastikan kemasan produk itu dalam kondisi baik, lalu ada izin edarnya, dan tidak melebihi tanggal kadaluwarsa,” imbuhnya.

Dia menambahkan BBPOM Surabaya akan terus melakukan pemantauan terhadap peredaran produk makanan, obat dan kosmetik ini, salah satunya dengan mengintensifkan koordinasi dengan lintas sektor.

“Kami secara rutin melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar di masyarakat, karena kejahatan peredaran obat dan makanan ilegal ini merupakan kejahatan kemanusiaan," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPOM obat ilegal Obat dan Makanan Ilegal
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top