Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketersediaan Daging hingga Lebaran di Kab. Pasuruan Aman

Pasuruan sudah mampu memenuhi kebutuhan daging secara mandiri, sudah mampu berswasembada daging.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  16:26 WIB
Ketersediaan daging, termasuk daging sapi, di Kab. Pasuruan aman menghadapi Lebaran mendatang. - Istimewa
Ketersediaan daging, termasuk daging sapi, di Kab. Pasuruan aman menghadapi Lebaran mendatang. - Istimewa


Bisnis.com, PASURUAN — Ketersediaan daging di Kab. Pasuruan hingga Lebaran dipastikan aman.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pasuruan Mardiyan mengatakan ketersediaan daging ayam, sapi, dan kambing masih sekitar 633,5 ton daging, sedangkan kebutuhannya hanya sekitar 93,56 ton/bulan

“Dengan demikian, stok daging di Kabupaten Pasuruan aman karena masih ada ratusan ton,” kata Mardiyan, Jumat (7/5/2021).

Menurut dia, Kab. Pasuruan sudah mampu memenuhi kebutuhan daging secara mandiri, sudah mampu berswasembada daging. Indikasi sederhananya, daerah tersebut tidak pernah kekurangan daging.

Dalam perkembangan lain, Perum Bulog memiliki stok 13.000 ton daging beku untuk kebutuhan masyarakat di bulan puasa hingga lebaran atau Hari Raya Idul Fitri yang dijual dengan harga murah yaitu mulai dari Rp80.000 per kilogram.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan daging beku tersebut bisa didapatkan di 53.000 jaringan penjualan produk-produk komersial Bulog di seluruh Indonesia.

"Kita dapat penugasan impor daging 80 ribu ton setahun, tapi tidak 80 ribu ton kita datangkan langsung. Yang sudah disiapkan untuk operasi pasar sebanyak 13 ribu ton untuk kebutuhan puasa dan Lebaran," kata Budi Waseso akhir April lampau.

Daging impor itu merupakan daging kerbau yang didatangkan dari India beberapa waktu lalu. Daging kerbau beku tersebut juga dijual secara daring di toko official store iPanganandotcom di Shopee dengan harga Rp84.999 sudah termasuk ongkos kirim untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Solo, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Selain daging kerbau, Bulog juga menyiapkan daging sapi lokal yang dijual dengan harga Rp90 ribu per kilogram di toko jaringan penjualan produk-produk komersial Bulog, atau seharga Rp99.999 yang dijual secara daring di tujuh kota Indonesia.

Dirut Bulog menekankan penjualan dagin beku dengan harga murah dilakukan sebagai bentuk kehadiran negara melalui Perum Bulog dalam menjamin ketersediaan daging yang terjangkau untuk masyarakat. "Harganya masih jauh di bawah harga daging di pasar yang Rp130.000 sampai Rp140.000," kata dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi pasuruan jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top