Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berwisata ke Pantai Klayar kini Bisa Dilayani Damri

Pengoperasian trayek Damri Stasiun Magetan-Pantai Klayar Pacitan merupakan bukti nyata dari pemerintah untuk kemudahan akses transportasi masyarakat Magetan yang memiliki keterbatasan meskipun ada stasiun maupun tol.
Dokumentasi pengunjung beraktivitas di Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur./Antara
Dokumentasi pengunjung beraktivitas di Pantai Klayar, Pacitan, Jawa Timur./Antara

Bisnis.com, MAGETAN - Bupati Magetan Suprawoto meresmikan trayek armada Bus Damri yang melayani rute Stasiun Magetan-Pantai Klayar guna mendukung Karst Pacitan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan atas peresmian trayek Damri dengan tarif yang murah. Pengoperasionalan Damri ini untuk kemudahan masyarakat Magetan, Ponorogo, dan Pacitan," ujar Kang Woto, sapaan akrab Bupati Suprawoto saat peresmian di Stasiun Magetan, Selasa (24/3/2021).

Menurut Kang Woto, pengoperasian trayek Damri Stasiun Magetan-Pantai Klayar Pacitan merupakan bukti nyata dari pemerintah untuk kemudahan akses transportasi masyarakat Magetan yang memiliki keterbatasan meskipun ada stasiun maupun tol.

"Semoga keberadaan trayek Damri ini pada saat pandemi ini segera didukung dibukanya kembali semua transportasi umum sehingga nanti wisata maju, mobilitas terjamin, dan ekonomi akan tumbuh baik kembali," kata dia.

GM Damri wilayah Ponorogo Nico R. Saputra mengatakan layanan bus untuk mendukung Karst Pacitan sebagai KSPN ini merupakan upaya bersama Damri dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang didukung oleh Pemkab Magetan dan pihak terkait lainnya.

Rute Damri Stasiun Magetan–Pantai Klayar akan melalui sejumlah tempat tujuan, yak i Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Terminal Maospati, Pasar Gorang Gareng, Damri Ponorogo, Terminal Pacitan, Terminal Punung, dan Goa Gong.

Adapun armada Damri yang digunakan dalam trayek tersebut adalah kendaraan berjenis minibus dengan jumlah sebanyak dua unit dengan kapasitas penumpang 14 kursi. Harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau Rp25.000 per orang.

"Jumlah armada tersebut tidak menutup kemungkinan nanti akan bertambah sesuai kebutuhan dan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Nico.

Kabid Angkutan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Iman Sukandar mengatakan trayek Damri di Ponorogo yang juga meliputi rute Magetan-Pacitan merupakan program antarmoda yang menghubungkan daerah tujuan wisata dan simpul-simpul transportasi.

Hal itu seperti yang ditekankan pada penyelenggaraan KSPN tahun 2021 untuk meningkatkan perekonomian, khususnya bidang transportasi, pariwisata, dan daerah yang terdampak Covid-19.

"Seperti harapan program Presiden Joko Widodo yaitu sektor wisata menunjang perekonomian. Ini adalah stimulus untuk masyarakat yang sebagian karcisnya disubsidi pemerintah. Harapannya angkutan ini bisa benar-benar bermanfaat untuk ekonomi dan transportasi masyarakat," kata Iman.

Kegiatan peresmian trayek Damri Stasiun Magetan-Pantai Klayar Pacitan juga dihadiri Forkopimda Magetan, Sekretaris Daerah Magetan, Perwakilan Damri, Dishub Provinsi Jawa Timur, Asisten III, Kepala OPD terkait, Camat Barat, Kepala Daop 7 Madiun, dan staf Stasiun Magetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper