Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Jatim Pastikan Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Mandiri

Sejumlah pengusaha menantikan vaksinasi untuk karyawan, utamanya di industri padat karya, seperti industri rokok, sepatu atau alas kaki, tekstil dan lainnya.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  21:10 WIB
Ilustrasi.  - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur memastikan kesiapannya untuk mengkoordinasikan para pengusaha di Jatim dalam melaksanakan vaksin mandiri yang rencananya dimulai pada akhir Maret 2021.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan para pengusaha di Jatim sudah menunggu rencana vaksin mandiri tersebut untuk percepatan penanganan Covid-19 agar dunia usaha bisa kembali normal dan roda perekonomian bergerak lebih kencang.

“Kami akan secepatnya melakukan koordinasi dengan pengusaha di semua sektor di Jatim karena ini sudah banyak yang menunggu, dan koordinasi perlu dilakukan juga karena berkaitan dengan biaya dan tanggung jawab perusahaan atas kesehatan karyawan mereka,” jelasnya, Kamis (4/3/2021).

Dia mengatakan sejumlah pengusaha yang sudah cukup lama menantikan vaksinasi untuk karyawannya kebanyakan bergerak di industri padat karya, seperti industri rokok, sepatu atau alas kaki, tekstil dan lainnya.

“Kadin pusat sudah memastikan bahwa vaksin mandiri ini dilakukan kerja sama dengan Kemenko Perekonomian dan Bio Farma sebagai penyedia vaksin. Mudah-mudahan implementasinya berjalan lancar,” imbuhnya.

Diketahui pemerintah secara resmi telah mengeluarkan kebijakan vaksinasi gotong royong yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No.10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. 

Dalam aturan tersebut, vaksin gotong rotong merupakan vaksinasi kepada karyawan atau karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaanya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum atau badan usaha.

Adik menambahkan, selain percepatan vaksinasi, untuk mengejar ketertinggalan ekonomi akibat dampak pandemi, Kadin Jatim saat ini terus memikirkan masalah yang masih dihadapi kalangan UMKM terutama pengusaha di daerah seperti kemudahan kredit perbankan dan stimulus perpajakan yang belum tersentuh.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Vaksin Covid-19
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top