Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Jatim Akan Digelar Dalam Tiga Sesi

Pelantikan tersebut pun akan dilakukan secara virtual bagi undangan di daerah masing-masing, sedangkan yang datang di gedung Grahadi Surabaya hanya kepala daerah, wakil beserta istri.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) di Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020)./Bisnis-Peni Widarti
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) di Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020)./Bisnis-Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan proses pelantikan kepala daerah dan wakil terpilih akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 dengan pembagian waktu dalam 3 sesi.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Jempin Marbun mengatakan dalam pelantikan tersebut pun akan dilakukan secara virtual bagi undangan di daerah masing-masing, sedangkan yang datang di gedung Grahadi Surabaya hanya kepala daerah, wakil beserta istri.

“Berdasarkan rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah, dan Sekda seluruh daerah yang melakukan Pilkada, maka pelantikan akan digelar Jumat depan, dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” jelasnya, Rabu (24/2/2021).

Dia menjelaskan pelantikan kepala daerah dan wakil terpilih biasanya dilakukan oleh Kemendagri, kini diberikan toleransi untuk dilakukan di ibu kota provinsi yakni untuk di Jatim dilakukan di gedung Grahadi dan dilakukan oleh Gubernur Jatim atas pertimbangan pandemi.

“Proses pelantikan ini adalah momen yang sakral, dan sangat diharapkan oleh kepala daerah terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, tetapi pemerintah tidak ingin pelantikan nanti menjadi klaster baru Covid-19,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Jempin, dalam pelantikan nanti ada satu ruangan yang dibatasi maksimal 25 orang, tetapi akan dibagi tiga sesi acara. 

Adapun sesi pertama akan dilakukan pukul 09.00 - selesai yang diikuti oleh 6 daerah. Pada sesi kedua mulai pukul 13.00 dan diikuti oleh 6 daerah, dan pada sesi ketiga dimulai pukul 16.00 akan diikuti oleh 5 daerah.

Diketahui, 17 kepala daerah yang dilantik di antaranya, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lamongan, Malang, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Trenggalek.

Sedangkan Pacitan dan Tuban masih menunggu masa jabatan kepala daerah nya berakhir. Masa jabatan Bupati Pacitan Indartato sendiri akan berakhir pada 4 April 2021, dan masa jabatan Bupati Tuban Fathul Huda adalah 20 Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper