Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Jatim Akan Digelar Dalam Tiga Sesi

Pelantikan tersebut pun akan dilakukan secara virtual bagi undangan di daerah masing-masing, sedangkan yang datang di gedung Grahadi Surabaya hanya kepala daerah, wakil beserta istri.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  20:14 WIB
Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Jatim Akan Digelar Dalam Tiga Sesi
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) di Grahadi Surabaya, Kamis (16/4/2020). - Bisnis/Peni Widarti
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan proses pelantikan kepala daerah dan wakil terpilih akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 dengan pembagian waktu dalam 3 sesi.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Jempin Marbun mengatakan dalam pelantikan tersebut pun akan dilakukan secara virtual bagi undangan di daerah masing-masing, sedangkan yang datang di gedung Grahadi Surabaya hanya kepala daerah, wakil beserta istri.

“Berdasarkan rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah, dan Sekda seluruh daerah yang melakukan Pilkada, maka pelantikan akan digelar Jumat depan, dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” jelasnya, Rabu (24/2/2021).

Dia menjelaskan pelantikan kepala daerah dan wakil terpilih biasanya dilakukan oleh Kemendagri, kini diberikan toleransi untuk dilakukan di ibu kota provinsi yakni untuk di Jatim dilakukan di gedung Grahadi dan dilakukan oleh Gubernur Jatim atas pertimbangan pandemi.

“Proses pelantikan ini adalah momen yang sakral, dan sangat diharapkan oleh kepala daerah terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, tetapi pemerintah tidak ingin pelantikan nanti menjadi klaster baru Covid-19,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Jempin, dalam pelantikan nanti ada satu ruangan yang dibatasi maksimal 25 orang, tetapi akan dibagi tiga sesi acara. 

Adapun sesi pertama akan dilakukan pukul 09.00 - selesai yang diikuti oleh 6 daerah. Pada sesi kedua mulai pukul 13.00 dan diikuti oleh 6 daerah, dan pada sesi ketiga dimulai pukul 16.00 akan diikuti oleh 5 daerah.

Diketahui, 17 kepala daerah yang dilantik di antaranya, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lamongan, Malang, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Trenggalek.

Sedangkan Pacitan dan Tuban masih menunggu masa jabatan kepala daerah nya berakhir. Masa jabatan Bupati Pacitan Indartato sendiri akan berakhir pada 4 April 2021, dan masa jabatan Bupati Tuban Fathul Huda adalah 20 Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Pilkada 2020
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top