Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Covid-19 Surabaya Mulai 15 Januari di Halaman Taman Surya

Jumlah vaksin yang diterima oleh Pemkot Surabaya saat ini sebanyak 33.420 vial yang nantinya akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 33.027 vial.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  12:16 WIB
Ilustrasi. - Antara/Muhammad Adimaja
Ilustrasi. - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya berencana menggelar proses vaksinasi Covid-19 secara simbolis di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya pada Jumat 15 Januari 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengatakan jumlah vaksin yang diterima oleh Pemkot Surabaya saat ini sebanyak 33.420 vial yang nantinya akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 33.027 vial.

“Pada intinya kami sudah menyiapkan rencana vaksinasi ini mulai dari tenaga vaksinator hingga cold room di gudang farmasi Dinkes Surabaya untuk menyimpan vaksin ini. Kapasitas cold room nya bisa mencapai 20.000, tapi saat ini kapasitas 10.000 digunakan untuk menyimpan reagen swab,” jelasnya, Rabu (13/1/2021).

Dia mengatakan sebelum hari H, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) telah mendapat pelatihan untuk melakukan vaksinasi, dari pengelolaan vaksin, pencatatan, pelaporan hingga pengoperasian aplikasi vaksin guna memudahkan petugas di lapangan, termasuk di Puskesmas.

Adapun dalam vaksinasi pertama secara simbolis itu akan ada 12 nama yang mendapat vaksin pertama kali, di antaranya Plt Wali Kota, Komandan Resor Militer 084/Bhaskara Jaya, Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, Kepala Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Kepala Kacab BPJS Surabaya, Deputi Direksi BPJS Kanwil Jatim, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua IDI Surabaya, Direktur RSUD dr. Moh Soewandhie, dan Ketua Tim Penggerak PKK.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan, secara teknis nantinya, pelaksanaan vaksinasi di Taman Surya itu akan disiapkan empat meja. Nanti peserta vaksin akan satu per satu mendatangi setiap meja untuk prosesi skrining.

“Tapi sebelum itu memang kami sudah assessment. Kalau di hari H nanti secara umum akan dilakukan pengecekan fisik secara umum, misalnya seperti cek tensi darah, suhu tubuh dan lainnya,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top