Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Jatim : Perlu Diwaspadai Libur Akhir Tahun dan Pencoblosan

Jatim sudah menemukan format efektif untuk bisa terbebas dari zona merah Covid 19, bahkan zona kuning mencapai 63 persen, yakni dengan kepatuhan protokol kesehatan.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 05 Desember 2020  |  19:50 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto pada Rapat Koordinasi Penanganan Covid 19 diwilayah Malang Raya bertempat di Gedung Graha Wiyata Praja Kampus Diklat Malang, Jl. Kawi No. 41, Sabtu (5/12/2020). - Istimewa
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto pada Rapat Koordinasi Penanganan Covid 19 diwilayah Malang Raya bertempat di Gedung Graha Wiyata Praja Kampus Diklat Malang, Jl. Kawi No. 41, Sabtu (5/12/2020). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta waspada agar tidak terjadi peningkatan positif Covid-19 saat momen libur akhir tahun dan pelaksanaan pencoblosan pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.

“Kenaikan kasus akibat libur panjang seringkali muncul, apalagi jika masyarakat lengah akan protkes (protokol kesehatan),” katanya pada Rapat Koordinasi Penanganan Covid 19 di wilayah Malang Raya bertempat di Gedung Graha Wiyata Praja Kampus Diklat Malang, Jl. Kawi No. 41, Sabtu (5/12/2020).

Oleh karenanya perlu ditingkatkan lagi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dengan melakukan edukasi dan operasi yustisi yang lebih masif dan tegas.

Menurut dia, Jatim sudah menemukan format efektif untuk bisa terbebas dari zona merah Covid 19, bahkan zona kuning mencapai 63 persen, yakni dengan kepatuhan protokol kesehatan.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan, zona persebaran Covid 19 di wilayah Jatim yakni zona merah ada di Jember, Situbondo, Kota Batu dan Jombang. Zona Kuning di Pacitan dan Sampang, sedangkan selebihnya berada pada daerah zona orange.

Oleh karena itulah, lewat Operasi Gabungan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Kodam V/brawijaya, maka seluruh anggota TNI yang berada di Jatim dilibatkan dalam operasi tersebut dengan sasaran di semua tempat yg dapat menimbulkan kerumunan masyarakat seperti pasar, terminal, stasiun, mal, rumah makan/restoran, pabrik, tempat wisata, bandara, dan lainnya.

“Kodam V/Brawijaya siap mendukung pembentukan Rumah Sakit Lapangan Ijen Boulevard Malang,” ucapnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol dr. Nico Afinta menyampaikan, strategi penanganan Covid 19 di Jatim di antaranya penambahan alat uji guna mengoptimalkan hasil proses swab dan menambah jumlah kampung Tangguh Semeru.

Penanganan Covid 19 juga perlu menggunakan pendekatam komunitas terutama yang berada di zona rawan.

Dia juga meminta untuk terus menggalakkan gerakan Jatim Masker, pembagian suplemen untuk meningkatkan imun bagi pasien. Saat ini Polda Jatim membentuk tim gabungan Covid Hunter, yakni tim yang bertugas untuk mengevakuasi pasien OTG yang tidak bisa melakukan isolasi mandiri di tempat yang layak.

Danrem 083/Baladhik Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jatim Irjen Pol dr. Nico Afinta.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim khofifah Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top