Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

250 KK di Pulau Kangean Akhirnya Bisa Menikmati Listrik

Pulau yang letaknya jauh sekitar 100 km dari Sumenep atau butuh 10 jam dengan kapal laut ini akhirnya bisa menikmati listrik untuk menggerakkan ekonomi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  21:01 WIB
Ilustrasi pembangkit di kepulauan.
Ilustrasi pembangkit di kepulauan.

Bisnis.com, SURABAYA – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur pada Oktober ini telah membangun sambungan listrik untuk 250 KK di Desa Timur Jang Jang Pulau Kangean Madura sejalan dengan upaya mencapai target melistriki 100 persen kepulauan di Jatim pada 2021.

GM PLN UID Jatim, Nyoman S. Astawa mengatakan pulau yang letaknya jauh sekitar 100 km dari Sumenep atau butuh 10 jam dengan kapal laut ini akhirnya bisa menikmati listrik untuk menggerakkan ekonomi.

“Melalui PLN ULP Kangean, ratusan warga ini bisa menikmati listrik dengan daya 1300 VA dengan total daya 325 kVA,” ujarnya dalam rilis, Selasa (27/10/2020).

Manager ULP Kangean, Muhammad Daan Agung Lazuardi, mengungkapkan, selama pandemi juga cukup berdampak bagi PLN. Namun dengan momentum perayaan Hari Listrik Nasional ke 75, pihaknya menggiatkan kembali elektrifikasi di pulau-pulau terluar di Jatim.

Bahkan, lanjutnya sejak Juli secara bertahap PLN ULP Kangean sudah aktif melakukan penyambungan di beberapa desa di pulau-pulau sekitar Kangean.

“Melistriki kepulauan memang bukan perkara yang mudah mulai dari medan yang sulit ditempuh, infrastruktur yang amat minim hingga lokasi geografis yang sulit dijangkau. Terlebih pandemi seperti ini transportasi antar pulau juga tidak mudah," jelasnya.

Adapun ULP Kangean merupakan Unit Layanan Pelanggan terbaru di Jatim yang wilayahnya meliputi 11 pulau yakni Sapudi, Raas, Kangean, Sapeken, Tonduk, Gowa-gowa, Saobi, Sabuntan, Paliat, Pagerungan Kecil, Salala di Kepulauan Kangean.

Hingga kini ULP Kangean sudah memiliki sejumlah 33.737 pelanggan. ULP Kangean mengelola Jaringan Tegangan Menengah 20 kV sepanjang 179,23 kms untuk wilayah seluas 9.061 km2.

“Selain Desa Jang Jang, penyambungan juga dilakukan di Dusun Daandung Atas, Sumur Kongo, Timurjangjang Bawah, Timurjangjang atas dan Pulau Sabuntan sebanyak 121 pelanggan,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top