Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

250 KK di Pulau Kangean Akhirnya Bisa Menikmati Listrik

Pulau yang letaknya jauh sekitar 100 km dari Sumenep atau butuh 10 jam dengan kapal laut ini akhirnya bisa menikmati listrik untuk menggerakkan ekonomi.
Ilustrasi pembangkit di kepulauan.
Ilustrasi pembangkit di kepulauan.

Bisnis.com, SURABAYA – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur pada Oktober ini telah membangun sambungan listrik untuk 250 KK di Desa Timur Jang Jang Pulau Kangean Madura sejalan dengan upaya mencapai target melistriki 100 persen kepulauan di Jatim pada 2021.

GM PLN UID Jatim, Nyoman S. Astawa mengatakan pulau yang letaknya jauh sekitar 100 km dari Sumenep atau butuh 10 jam dengan kapal laut ini akhirnya bisa menikmati listrik untuk menggerakkan ekonomi.

“Melalui PLN ULP Kangean, ratusan warga ini bisa menikmati listrik dengan daya 1300 VA dengan total daya 325 kVA,” ujarnya dalam rilis, Selasa (27/10/2020).

Manager ULP Kangean, Muhammad Daan Agung Lazuardi, mengungkapkan, selama pandemi juga cukup berdampak bagi PLN. Namun dengan momentum perayaan Hari Listrik Nasional ke 75, pihaknya menggiatkan kembali elektrifikasi di pulau-pulau terluar di Jatim.

Bahkan, lanjutnya sejak Juli secara bertahap PLN ULP Kangean sudah aktif melakukan penyambungan di beberapa desa di pulau-pulau sekitar Kangean.

“Melistriki kepulauan memang bukan perkara yang mudah mulai dari medan yang sulit ditempuh, infrastruktur yang amat minim hingga lokasi geografis yang sulit dijangkau. Terlebih pandemi seperti ini transportasi antar pulau juga tidak mudah," jelasnya.

Adapun ULP Kangean merupakan Unit Layanan Pelanggan terbaru di Jatim yang wilayahnya meliputi 11 pulau yakni Sapudi, Raas, Kangean, Sapeken, Tonduk, Gowa-gowa, Saobi, Sabuntan, Paliat, Pagerungan Kecil, Salala di Kepulauan Kangean.

Hingga kini ULP Kangean sudah memiliki sejumlah 33.737 pelanggan. ULP Kangean mengelola Jaringan Tegangan Menengah 20 kV sepanjang 179,23 kms untuk wilayah seluas 9.061 km2.

“Selain Desa Jang Jang, penyambungan juga dilakukan di Dusun Daandung Atas, Sumur Kongo, Timurjangjang Bawah, Timurjangjang atas dan Pulau Sabuntan sebanyak 121 pelanggan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper