Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembatasan Sosial di Jakarta Berefek ke Kafe dan Restoran di Jatim

Belum normalnya kondisi industri food and beverage di Jatim ini memang disebabkan oleh adanya aturan protokol kesehatan.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 21 September 2020  |  17:02 WIB
Ilustrasi restoran. - Antara
Ilustrasi restoran. - Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Kalangan pengusaha kafe dan restoran di Jawa Timur menyebut penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta cukup berdampak pada kondisi industri ini di Jatim.

Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim, Tjahjono Haryono mengatakan industri kuliner di Jatim pada awal Agustus sebenarnya sudah menunjukkan kenaikan meski belum mencapai 50 persen. Namun, pada September ini kembali menunjukan kinerja yang menurun salah satunya karena pemberlakukan PSBB DKI Jakarta.

“Jadi setelah Jakarta melakukan PSBB lagi, masyarakat di Surabaya atau lebih luas di Jatim ternyata ikut khawatir dengan kondisi itu, sehingga bulan ini malah agak turun,” jelasnya, Senin (21/9/2020).

Dia menjelaskan belum normalnya kondisi industri food and beverage di Jatim ini memang disebabkan oleh adanya aturan protokol kesehatan yang mewajibkan pengusaha kafe dan restoran untuk tetap membatasi jumlah pengunjung yakni maksimal 50 persen dari kapasitas.

Meski begitu, lanjut Tjahjono, selama pandemi Covid-19, pengusaha terus berusaha bertahan dengan banyak melakukan efisiensi seperti pengaturan jam kerja sif, pembelian bahan baku, penghematan listrik dan sarana lain.

Tjahjono menambahkan, sampai akhir tahun ini pengusaha kafe dan restoran masih berhrap bisa mengandalkan momen akhir tahun yakni sejak November – Desember yang biasanya terjadi peningkatan kinerja lantaran terdapat libur Natal dan Tahun Baru, yakni banyak masyarakat memilih untuk makan di luar.

“Akhir tahun ini diharapkan kinerja kafe restoran kita bisa meningkat, tapi semua bergantung pada kondisi pandemi,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top